Pemprov Sulawesi Tenggara Beri 2000 Kupon Sembako Gratis Bagi Masyarakat Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 05 November 2023
0 dilihat
Pemprov Sulawesi Tenggara Beri 2000 Kupon Sembako Gratis Bagi Masyarakat Muna Barat
Penyerahan sembako gratis secara simbolis yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulawesi Tenggara pada masyarakat Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam rangka menekan inflasi dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat, Pemprov Sulawesi Tenggara menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam rangka menekan inflasi dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat, Pemprov Sulawesi Tenggara menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat Kabupaten Muna Barat.

Diketahui, Sulawesi Tenggara sebagai salah satu penyalur inflasi tertinggi di Indonesia. Untuk itu, sesuai instruksi Presiden RI, pemerintah daerah diarahkan untuk melaksanakan operasi pasar, sidak pasar, serta mengendalikan harga dengan mengecek suplai hargai hingga ke distribusi.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto mengatakan, hadirnya ia di Muna Barat melaksanakan empat kegiatan utama, salah satunya turut menyerahkan bantuan paket gratis bagi masyarakat.

Baca Juga: Warga Muna Barat Antusias Berburu Tiga Komoditi di Pasar Murah

Ia mengatakan, berbicara terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) ujungnya yaitu melayani, sehingga ia menekan kepada kepala perangkat daerah datang ke Muna Barat untuk melayani.

"Untuk itu, jangan pernah lelah memberikan pengabdian terbaik di bumi anoa, Sulawesi Tenggara," ungkapnya, Minggu (5/11/2023).

Pasalnya, berbagai pencapaian yang diraih merupakan proses yang tidak pernah selesai, di dalam kerangka berpikir harus selalu berbuat baik

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara, Siti Saleha mengatakan itu sebagai upaya pemprov dalam rangka meringankan beban masyarakat dan menekan harga di tengah tinggi inflasi.

Bantuan sosial ini telah dilakukan di Kabupaten Buton, Kabupaten Muna Barat, Kota Baubau dengan menyiapkan 2.000 kupon pangan gratis, dalam satu paket disiapkan beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, dan minyak goreng 1 liter.

"Kami salurkan kepada masyarakat secara gratis," pungkasnya.

Di sisi lain, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengucapkan terimakasih atas bantuan sembako gratis yang disalurkan Pemprov Sulawesi Tenggara untuk masyarakatnya, pasalnya ini merupakan bagian dari dua program prioritas presiden RI, yaitu mengendalikan inflasi daerah serta mengentaskan kemiskinan khususnya miskin ekstrem.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Salah Satu Penyumbang Inflasi, Pemda Muna Barat Tekan Lewat Pasar Murah

Kemudian, berdasarkan data perkembangan harga, mulai dari September hingga Oktober 2023 lalu penyumbang inflasi terbesar di Muna Barat yaitu beras, telur dan cabai.

"Penyumbang inflasi terbesar adalah beras yakni 3,81 persen,” ujarnya.

Bahri juga katakan, Pj gubernur telah mengalokasikan bantuan bagi Pemda Muna Barat dalam rangka pengendalian inflasi, kemudian pemda juga telah menyiapkan anggaran dari APBD dalam menekan angka inflasi salah satunya melakukan gerakan pangan murah. (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga