Pemprov Sultra Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan Tercukupi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 28 Maret 2022
0 dilihat
Pemprov Sultra Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan Tercukupi
Salah satu pedagang beras di pasar tradisional Kota Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Ketersediaan pangan masyarakat Sultra sampai beberapa bulan ke depan, masih akan tercukupi. Karena stok yang tersedia masih sangat cukup "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak), menjamin ketersediaan bahan pangan menjelang dan saat bulan Ramadan.

Kabid Bidang Tanaman Pangan Distannak Sultra, Djorji mengatakan, untuk ketersediaan pangan masyarakat Sultra sampai beberapa bulan ke depan, masih akan tercukupi. Karena stok yang tersedia masih sangat cukup.

"Berdasarkan pantauan kami, untuk sejuah ini kebutuhan akan pangan masih tercukupi, bahkan sampai lebaran nanti. Karena ketersediaannya masih sangat banyak. Yang pastinya cukup untuk seluruh masyarakat Sultra," ungkapnya kepada Telisik.id, Senin (28/3/2022).

Meskipun memang, kata dia, di Kabupaten Konawe yang menjadi salah satu daerah penghasil beras, sekitar satu atau dua bulan lalu tidak melakukan penanaman, karena adanya perbaikan irigasi. Namun itu tidak berpengaruh terhadap ketersediaan, karena daerah-daerah lain masih menanam dan bisa mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat.

"Setiap daerah saling melengkapi, di mana penggilingan di Konawe itu bisa beli di daerah lain, dan begitupun sebaliknya. Meskipun tidak melakukan penanaman, akibat adanya kendala, kebutuhan masih akan terpenuhi. Karena di daerah lain, ketersediaan sangat banyak baik itu di Bombana, Konsel, dan daerah lainnya. Sehingga seluruh kebutuhan masyarakat masih bisa tercukupi," jelasnya.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Ratusan Warga Kendari Serukan Tegakan Sistem Islam

Di tempat berbeda, salah satu pedagang beras dan telur di Pasar Mandonga, Abdul Razak Amar mengungkapkan, untuk sekarang masih sangat cukup, di mana beberapa bulan terakhir ini, masih sangat mudah untuk mendapatkan stok beras.

"Kalau untuk ketersediaan sampai sekarang masih aman-aman saja. Hanya beberapa bulan lalu, memang untuk masalah harga sampat naik. Namun untuk sekarang sudah kembali normal lagi," katanya.

Baca Juga: BKKBN Sultra Sosialisasi Aplikasi Elsimil untuk Memperkecil Risiko Stunting

Di sisi lain, salah satu ibu rumah tangga, Norma, mengaku sangat senang ketersediaan pangan akan tercukupi sampai lebaran nanti.

"Syukurlah kalau kebutuhan sampai lebaran masih akan tercukupi, jadi kita tidak perlu khawatir atau was-was, karena sudah dijamin akan aman. Hanya saja untuk masalah harganya, karena biasanya itu, kalau sudah menjelang puasa dan lebaran biasanya naik, tapi semoga saja tidak terjadi," ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga