Pemuda Ini Ciptakan Platform Antimainstream untuk Jasa Tukang

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Sabtu, 25 Juli 2020
0 dilihat
Pemuda Ini Ciptakan Platform Antimainstream untuk Jasa Tukang
Platform Betukang.id yang mewadahi para tukang untuk memasarkan jasanya di media sosial. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Saya merasa bahwa sulit sekali untuk mendapatkan jasa tukang. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Di tengah era digital saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa platform bisnis digital juga ikut berkembang pesat dengan berbagai macam jenisnya.

Dengan berbagai inovasi dan kreatifitas, anak muda Indonesia juga tak mau ketinggalan untuk unjuk gigi dengan platform yang diciptakannya. Salah satunya adalah Surya Mahardika, lulusan Prodi Komunikasi dan Konseling Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Melalui platform Betukang.id, ia menjawab keresahan yang sering didapati oleh masyarakat, khususnya di daerah asalnya Pontianak.

"Saya merasa bahwa sulit sekali untuk mendapatkan jasa tukang," kata Surya.

Untuk itu, Surya lantas menciptakan sebuah platform yang mewadahi para tukang untuk memasarkan jasanya di media sosial seperti facebook, instagram, dan juga whatsapp.

Baca juga: Ponsel Baru Realme Pilih Indonesia Lokasi Peluncuran, Baterainya 6000mAh

Perkembangan bisnis digital saat ini, diakui Surya, bertumbuh dengan sangat masif. "Jika tidak mengambil peran dan ikut berkecimpung di dalamnya, tentu akan sangat tertinggal," tandasnya.

Bagi Surya, bisnis digital ini sangat menjanjikan. "Saran saya untuk para anak muda adalah untuk keluar dari zona nyaman dan mengembangkan kreatifitas serta wawasan untuk dikembangan dan dijadikan bisnis digital," ungkap Co-Founder & CMO Betukang.id ini, saat dihubungi Sabtu (25/7/2020).

Selain menyediakan jasa tukang, platform yang berdiri sejak Desember 2019 ini, juga menyediakan jasa penyewaan mobil dan juga jasa survey.

Terhitung sejak awal berdirinya Betukang.id, Surya sudah memiliki 32 tukang, 24 pekerjaan, dan sudah mendapatkan lebih dari 100 panggilan pekerjaan. "Saya berharap platform ini dapat menjadi sebuah marketplace penyediaan layanan jasa tukang yang berkualitas dan membawa dampak baik bagi masyarakat,” tambah Surya.

Platform digital Betukang.id ini menjadi layanan tukang secara online yang pertama di Pontianak. Dan ke depannya, Betukang.id ini juga akan melaunching website dan aplikasi seperti start-up pada umumnya.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga