Pemuda Kendari Berinovasi Ciptakan Lapangan Kerja di Masa Pandemi COVID-19

Perliyansa, telisik indonesia
Rabu, 24 Februari 2021
0 dilihat
Pemuda Kendari Berinovasi Ciptakan Lapangan Kerja di Masa Pandemi COVID-19
Usaha Tomoko Snack. Foto: Perliyansa/Telisik

" Awalnya kami berinisiatif membuat usaha. Setelah itu kami didukung oleh PT. Ammi Ana Wonua. "

KENDARI TELISIK.ID - Ketika banyak pekerja yang dirumahkan selama masa pandemi COVID-19, beberapa pemuda Kendari ini berinovasi menciptakan lapangan kerja.

Mereka berinisiatif berwirausaha untuk membuka lapangan kerja di tengah sulitnya mencari pekerjaan akibat COVID-19 yang tak kunjung berakhir.

Mereka menyebut usahanya dengan nama Tomiko Snack, yang memproduksi camilan kripik tahu dengan berbagai macam varian rasa. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 ribu per bungkusnya.

Usaha Tomiko Snack saat ini telah didukung oleh PT Ammi Ana Wonua untuk tetap berproduksi mengembangkan usaha kripik tahu yang digagas oleh beberapa pemuda ini.

"Awalnya kami berinisiatif membuat usaha. Setelah itu kami didukung oleh PT. Ammi Ana Wonua," kata Arum, salah satu pemilik usaha ini, Selasa (23/2/2021).

Arum bersama empat rekannya mendirikan Tomiko Snack pada bulan Desember 2020 dan mulai produksi pada Januari 2021, beralamat  di BTN Magaga Kota Kendari.

Arum menambahkan, dirinya ingin mengajak para muda mudi yang ada di Kota Kendari berwirausaha rumahan untuk menambah penghasilan di masa pandemi COVID-19.  

Baca juga: Agar UMKM Tetap Bertahan Hidup, Ini Saran Wagub Jatim

Lanjut Arum, usaha yang dikelola bersama empat rekannya ini, mengalami kendala pada sistem pemasaran. Pasalnya, produknya belum begitu populer di kalangan masyarakat serta belum mempunyai izin edar, dan usaha tersebut baru saja beroperasi di Januari 2021.

"Kami belum memiliki izin edar tetapi secepatnya kami akan mengusahaka izin edar dan izin-izin lainnya," ujar Arum.

Produk Tomiko Snack saat ini dijual online dan dititip di beberapa warung-warung serta Warkop di Kota Kendari. Setiap pelanggan yang membeli keripik tahu ini, hampir dipastikan akan memesan kembali yang disebabkan rasanya yang enak dan gurih, membuat penikmat olahan kripik tahu menjadi ketagihan.

"Kebetulan saya juga penggemar tahu,  dan saya rasa pengolahan tahu dalam bentuk camilan kripik itu masih jarang saya temukan. Dengan adanya produk ini tentunya saya sangat senang," kata salah satu pelanggan Tomiko Snack, Olivia.

Olivia menambahkan, keunggulan kripik tahu ini dikemas dengan sangat baik, harganya terjangkau, memiliki 3 varian rasa dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Arum optimis usaha yang dikelolanya saat ini bersama 4 rekannya akan sukses ke depannya dan produknya bisa diterima di kalangan masyarakat.

“Dan semoga usaha kami ini bisa membuka lapangan kerja ke depannya,” tutupnya. (B)

Reporter: Perliyansa

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga