Pemuda Kreatif Jual Kerajinan Unik dengan Gerobak Bambu di Kendari

La Ode Manarfa Nafsahu, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Pemuda Kreatif Jual Kerajinan Unik dengan Gerobak Bambu di Kendari
Bintang Affilian Sujaka pemuda Asal Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Purbalingga Kecamatan Rembang, Desa Rembang, di jalan Jendral Ahmad Yani. Foto: La Ode Manarfa Nafsahu/Telisik

" Bintang Affilian Sujaka, seorang pemuda asal Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah menjual barang hasil kerajinan dengan cara mendorong gerobak berisi dagangan dari bahan bambu, batang pohon kelapa, batok kelapa, dan kayu "

KENDARI, TELISIK.ID - Bintang Affilian Sujaka, seorang pemuda asal Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah menjual barang hasil kerajinan dengan cara mendorong gerobak berisi dagangan dari bahan bambu, batang pohon kelapa, batok kelapa, dan kayu.

Bahan-bahan tersebut diolah menjadi tudung saji, topi orang-orangan sawah, sapu, pemukul tempat tidur, pernak-pernik hiasan interior, berupa miniatur kapal, motor Harley, dan lain sebagainya.

Barang-barang kerajinan ini disusun rapi dalam gerobak, tetap menampilkan hasil karya khas Jawa Tengah. Harga kerajinan yang dijual beragam, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 170.000.

Baca Juga: 50 Sekolah Ikut Kejuaraan Atletik Tingkat SD dan SMP se-Kota Kendari

Pada Selasa (11/6/2024) pukul 17.30 Wita, Bintang Affilian Sujaka menceritakan usahanya kepada Telisik.Id ketika ditemui di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Ia menjelaskan, usaha ini sebenarnya milik orang lain yang ia jalankan. Usaha tersebut telah diperkenalkan ke berbagai tempat sejak tahun 2020, termasuk di Kalimantan, Sumatera pada tahun 2023, dan kini di Kendari pada tahun 2024.

Bintang juga berbagi tentang tanggapan orang-orang selama ia menjajakan kerajinannya. Menurutnya, reaksi orang-orang sangat positif, baik dari mereka yang membeli maupun hanya melihat dagangannya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Respon Polemik Rute Kapal Cepat di Cempedak

Ia menarik perhatian banyak orang dengan berkeliling di berbagai jalan kota Kendari sambil menarik gerobaknya.

Nur Ali, seorang warga yang berjualan bahan bakar kendaraan eceran di Jalan Jendral Ahmad Yani, mengungkapkan bahwa ia sering melihat Bintang berjualan kerajinan di jalan tersebut.

Nur Ali juga merasa tertarik dengan usaha yang digeluti Bintang dan memberikan pujian terhadap jenis usaha yang dijalankan dengan menarik gerobak berisi barang dagangan hasil kerajinan. (B)

Penulis: La Ode Manarfa Nafsahu

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga