Pemuda Segudang Prestasi Ini Dinilai Kurang Mendapat Perhatian Pemda Muna Barat

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Senin, 16 Januari 2023
0 dilihat
Pemuda Segudang Prestasi Ini Dinilai Kurang Mendapat Perhatian Pemda Muna Barat
Arcan Adiatama, sosok pemuda berprestasi saat menerima piala dan medali emas saat mengikuti kejuaraan nasional cabang olahraga karate di Ternate. Foto: Ist.

" Setiap cabang olahraga yang kita geluti dengan tekun, pantang menyerah kadang selalu menjanjikan masa depan cerah dengan berbagai perolehan prestasi gemilang, namun bisa jadi itu juga bisa berbanding terbalik "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap cabang olahraga yang kita geluti dengan tekun, pantang menyerah kadang selalu menjanjikan masa depan cerah dengan berbagai perolehan prestasi gemilang, namun bisa jadi itu juga bisa berbanding terbalik.

Tidak berbeda dengan pemuda yang satu ini,  usai tamat dari SMA, ia memutuskan hijrah ke Kota Kendari dengan berbekal pengalaman selama mengikuti latihan di cabang olahraga karate, taekwondo dan muay thai, semuanya ia geluti dengan kerja keras dan pantang menyerah.

Dia adalah Arcan Adiatama, yang mengikuti berbagai cabang olahraga untuk jembatan menempuh kariernya, pernah mengikuti kejuaraan di Palembang dengan cabang olahraga karate pada Februari 2021 dengan perolehan medali emas yang diikuti berbagai provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Target Sekolah Berprestasi Walau Berada di Pelosok Desa

Ia juga pernah mengikuti kejuaraan nasional di Kota Bandung PB FORKI dengan cabang olahraga karate pada Juli 2021 mendapatkan medali perunggu. Usai dari itu, dirinya lagi mengikuti kejuaraan nasional cabang karate di Ternate pada November 2021 dengan menyabet 2 medali emas.

Tak hanya itu, dirinya juga turut mengikuti Porprov Buton pada November 2022 dengan cabang olahraga muay thai mendapat medali emas, kemudian cabang olahraga boxing yang diadakan di Camp10.2 Kendari juga meraih medali emas.

"Cita-citaku menjadi seorang TNI, makanya saya berjuang lewat berbagai cabang olahraga, sehingga mendapatkan perolehan prestasi gemilang dan medali emas, olehnya itu harapannya kepada pemerintah di Muna Barat bisa lebih membuka mata terhadap prestasi putra daerah," ujar Arcan saat ditemui di Kendari, Senin (16/1/2023).

Sementara orang tua Arcan, La Ode Aci bercerita, anaknya yang memulai karirnya di cabang olahraga karateka hingga sukses gemilang dengan mendapatkan prestasi dari setiap kejuaraan nasional tentunya prestasi tidak begitu saja ia dapatkan, tetapi membutuhkan latihan yang keras, fokus, rajin berolahraga dan mengatur pola makan.

"Bangga melihat kemajuan Arcan, tentunya sebagai orang tua akan terus memberikan dukungan semaksimal mungkin, sehingga apa yang menjadi cita-citanya dapat terwujud. semoga dengan prestasi yang didapatnya bisa memberikan inspirasi untuk putra putri daerah lain," urai La Ode Aci.

Tak hanya itu, dengan prestasi yang dimiliki Arcan harusnya bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat, sehingga nasib atlet peraih emas mendapatkan jaminan masa depan yang cerah.

Baca Juga: 2 Atlet Triathlon Sulawesi Tenggara Raih Prestasi Tingkat Internasional

Hal senada disampaikan pelatih karate Ridwan, yang mengaku bangga terhadap prestasi anak binaanya dari setiap cabang olahraga selalu mendapatkan juara yang memuaskan dan perolehan medali emas.

"Pemerintah Muna Barat tentunya bisa memberikan kepeduliannya terhadap atlet berprestasi peraih medali, saat pulang kampung bisa diperhatikan dan didorong terus untuk meningkatkan prestasi," ujar Ridwan.

Ia optimis jika hal itu direalisasi, tidak akan ada atlet Muna Barat yang terpaksa harus pindah dan membela daerah lain dalam berbagai kejuaraan nasional, karena mereka sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah untuk masa depannya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga