Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Kapal Malam Kendari

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 14 April 2023
0 dilihat
Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Kapal Malam Kendari
Tampak pemudik mulai memadati pelabuhan kapal malam Kendari. Mereka memilih mudik lebih awal untuk hindari berdesak-desakan. Foto: Kardin/Telisik

" Jumlah penumpang kapal malam yang menyeberang dari Kota Kendari menuju di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mulai meningkat pada H-9 lebaran idul fitri, Kamis (13/4/2023) malam "

KENDARI, TELISIK.ID - Jumlah penumpang kapal malam yang menyeberang dari Kota Kendari menuju di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mulai meningkat pada H-9 lebaran idul fitri, Kamis (13/4/2023) malam.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, terlihat satu persatu pemudik mulai berdatangan ke Terminal Pangkalan Perahu Kendari dengan membawa sejumlah barang bawaan.

Para pemudik tampak mulai memadati pelabuhan, karena memilih mudik lebih awal untuk menghindari desak-desakan atau mengantisipasi kepadatan penumpang jelang lebaran tahun 2023.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

"Saya pilih mudik lebih awal, karena penumpang masih longgar. Kalau kita menunggu dekat lebaran pasti mepet, ramai dan padat," kata seorang penumpang, Irwan saat ditemui di Pelabuhan kapal malam.

Ia mengaku memilih mudik lebih awal karena merasa lebih santai di perjalanan dan tidak kesulitan saat membeli tiket kapal dengan harga normal.

"Kita membeli tiket kapal juga tidak berdesak-desakan," ucapnya.

Sementara itu, penumpang lainnya, Irawati mengaku sengaja mudik lebih awal untuk menghindari berdesak-desakan saat mudik.

"Kalau pulang dekat-dekat lebaran pasti padat yang mudik seperti yang terjadi tahun lalu," beber Irawati.

Sementara itu, Kepala Pos Syahbandar Terminal Pangkalan Perahu Kendari, La Ode Muhammad Hayruddin mengatakan, jika melihat kondisi sudah mulai ada kepadatan namun masih dalam ambang batas yang aman sesuai dengan kapasitas kapal yang ditentukan.

Berdasarkan pantauan, kapasitas kapal menuju Bumi Sowite itu sebanyak 350 orang terlihat masih aman dan lancar.

"Insya Allah rekan-rekan TNI-Polri kita terus bekerjasama bersinergi melaksanakan tugas posko ini dengan baik. Memastikan saudara kita yang akan berangkat tujuan Raha terfasilitasi dengan baik, sehingga mudik aman dan nyaman bisa kita wujudkan," kata La Ode Muhammad Hayruddin.

Terkait puncak kepadatan arus mudik, Hayruddin memprediksi bakal terjadi pada H-4 sampai H-2 lebaran. Guna mengantisipasi kepadatan penumpang, pihaknya menyediakan 9 armada angkutan.

Baca Juga: Ini Cara Polda Jawa Timur Urai Kemacetan Mudik Lebaran

"Tahun sebelumnya kami sediakan 7 kapal, dengan 4 kapal rute Kendari-Raha dan 3 kapal rute Kendari-Wanci. Tapi tahun ini kita siagakan 9 kapal terdiri 6 armada mengantisipasi jalur Kendari-Raha dan 3 armada mengantisipasi rute Kendari-Wanci," ungkap.

Untuk itu, ia berharap kepada calon pemudik agar lebih fleksibel mengatur waktu keberangkatan. Karena waktu libur lebaran yang ditetapkan pemerintah sangat panjang mulai 19 April 2023.

"Dengan begitu masyarakat bisa lebih fleksibel mengatur jadwal kepulangannya, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang pada waktu dan hari yang bersamaan," tutupnya. (A)

Penulis: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga