Pemukiman Berusia 9.300 Tahun Ditemukan di Turki

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 20 Maret 2023
0 dilihat
Pemukiman Berusia 9.300 Tahun Ditemukan di Turki
Selain menyimpan keindahan alamnya, Cappadocia juga memiliki misteri di masa lalu. Foto: Repro Tribunnews.com

" Cappadocia menjadi daya tarik yang terkenal sampai ke seluruh dunia, terlebih dengan ditemukannya jejak permukiman permanen berusia 9.300 tahun "

CAPPADOCIA, TELISIK.ID - Turki memiliki satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan sensasi berbeda. Bagi para pemburu foto, tempat ini sangat tepat. Tempat tersebut yaitu Cappadocia.

Melansir Bisnis.com, Cappadocia berada di daerah kuno di Anatolia Timur di Turki yang terletak di utara gunung Taurus. Yang terkenal dari tempat wisata ini yakni pemandangan bebatuan dari gunung berapi dan puluhan balon udara. Wisata balon udara yang ada di Cappadocia pun menjadi daya tarik yang terkenal sampai ke seluruh dunia.

Namun, yang lebih menarik dari tempat ini adalah jejak permukiman permanen berusia 9.300 tahun.

Ketua Tim Penggalian, Semra Balci mengatakan, gundukan dimana penggalian dilakukan itu berlokasi di sebuah area gundukan Sircalitepe berada di kawasan Gunung Api Cappadocia, di perbatasan Desa Kayirli, Provinsi Nigde.

Baca Juga: Begini Penampakan Kulkas Zaman Dulu

Saat penggalian, tim menemukan perkakas batu dan obsidian yang digunakan sehari-hari. Selain itu ditemukan juga manik-manik dan benda-benda lainnya yang diperkirakan berfungsi sebagai ornamen atau hiasan.

Penggalian dilakukan di dua lokasi berbeda di gundukan tersebut. Kedua lokasi itu ditemukan pecahan obsidian seperti yang ditemukan di area bengkel kerja. Tim juga menemukan spesimen mata panah oval.

Baca Juga: Arkeolog Arab Saudi Temukan Situs Pemujaan Berusia 7.000 Tahun, Dipenuhi Tulang Hewan dan Manusia

"Poin penting lainnya adalah sejauh ini tidak ada situs lain yang digali dengan area (bengkel) kerja obsidian dan pemukiman bersama," jelas Balci.

Balci mengatakan, pihaknya telah melakukan penanggalan karbon terhadap dua sampel temuan dan terungkap usia dua sampel itu 9300-9600 tahun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga