adplus-dvertising

Pemula Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Mencoba Produk Skincare

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 09 Juni 2021
812 dilihat
Pemula Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Mencoba Produk Skincare
Hari-hati sebelum membeli produk skincare. Foto: Repro Google.com

" Mempunyai kulit yang sehat dan cerah tentu saja menjadi dambaan setiap wanita. "

KENDARI, TELISIK.ID – Mempunyai kulit yang sehat dan cerah tentu saja menjadi dambaan setiap wanita.

Saat ini, kian banyak produk kecantikan wajah yang beredar di pasaran, membuat para wanita tergiur untuk mencobanya dengan tujuan agar kulit terlihat sehat dan bercahaya.

Nah, bagi kamu para pemula, tentu masih bingung produk apa yang akan kamu gunakan. Untuk itu, Popmama.com mengupas tips berikut ini agar kamu tidak salah pilih skincare girls. Apa saja tipsnya? Yuk, disimak ya!


1. Pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajahmu

Dilansir dari The Skin Experiment, ada empat jenis kulit wajah. Pertama, kulit normal. Jenis ini disebut juga kulit yang sehat, seimbang, serta jarang memiliki masalah kulit.

Kedua, kulit kering, ditandai dengan wajah yang terasa agak kencang dan disebut rentan memiliki garis halus.

Ketiga adalah kulit berminyak. Minyak berlebih pada wajah membuat kulit tampak bersinar secara berlebihan dan mudah berjerawat.

Keempat, kulit kombinasi, yaitu kulit yang biasanya hanya berminyak pada daerah T-Zone.

Setelah mengetahui apa jenis kulit wajahmu, maka kamu baru bisa mencoba produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Setiap produk biasanya menuliskan di bagian kemasan apakah bisa digunakan untuk jenis kulit normal, berminyak, kering, ataupun kombinasi.

2. Baca review dari sumber terpercaya dan jangan ragu untuk meminta saran

Ketika akan mencoba skincare, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu review dari situs-situs terpercaya.  Selain itu, kamu juga bisa meminta saran dari orang lain yang pernah menggunakan produk tertentu.

Akan lebih baik lagi bila meminta saran dari orang dengan jenis kulit dan masalah yang sama agar bisa memperoleh referensi dari sumber yang tepat.

3. Sebelum memutuskan untuk beli, lakukanlah patch test

Patch test adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah bahan tertentu menimbulkan reaksi pada kulit.

Dalam laman The Clog, Dendy Engelman seorang dermatolog asal New York mengatakan bahwa tes tersebut perlu dilakukan terutama oleh pemilik kulit sensitif.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah produk tertentu menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal dan jerawat. Patch test untuk alergi bisa dilakukan di area tertutup seperti bagian lipatan tangan, serta area dekat dengan bagian kulit yang akan diaplikasikan.

Misalnya bila produk akan digunakan pada wajah, patch test dilakukan di area leher. Sedangkan patch test untuk kulit berjerawat bisa dilakukan dengan dengan mengaplikasikan produk di bagian wajah selama satu minggu untuk mengetahui apakah cocok atau tidak.

4. Cobalah satu produk terlebih dahulu

Tidak disarankan mencoba lebih dari satu produk dalam waktu yang bersamaan. Laman The Skin Experiment menjelaskan tujuannya adalah agar lebih mudah mengetahui ketika kulit tidak cocok dengan sebuah produk.

Saat kulit tiba-tiba berjerawat, kita bisa mencari tahu masalahnya. Apakah dengan berhenti menggunakan produk tertentu bisa membuat kulit menjadi lebih baik?

Selain itu, mencoba skincare satu per satu juga bertujuan agar kulit bisa melakukan penyesuaian terhadap produk yang baru digunakan.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Tubuh dengan Lemak Berlebih

Baca juga: 4 Cara Membuat Masker Wajah untuk Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

5. Belilah produk skincare yang asli

Saking banyaknya peminat skincare saat ini, bisa jadi ada pihak-pihak tertentu yang memalsukan produk tersebut dan dijual secara bebas. Produk palsu tersebut pun bisa dijual dengan harga yang sama seperti produk asli.

Ada pula yang menjualnya dengan harga jauh lebih murah sehingga banyak orang tergoda untuk membeli.

Selain kelima hal tersebut di atas, idntimes.com juga menyarankan 6 tips ini agar skincare yang kamu beli tidak terbuang sia-sia, catat ya!

1. Ketahui kebutuhan kulitmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tahu tipe dan kondisi kulitmu. Setelah itu carilah produk yang sesuai dengan hasil yang kamu inginkan. Jika fokus utamamu adalah menghilangkan bekas jerawat, maka belilah produk yang mengandung bahan- bahan yang dapat memudarkan bekas jerawatmu. Selain itu jangan malas untuk bertanya kepada temanmu yang lebih paham atau rajin- rajinlah membaca review dari berbagai beauty blogger.

2. Cobalah produk lokal dan murah terlebih dahulu

Selanjutnya, bagi kamu yang masih pemula, ada baiknya untuk mencoba produk lokal dan drugstore terlebih dahulu. Selain murah dan mudah didapat, produk lokal juga punya kualitas yang oke lho! Jika kulitmu tidak cocok dengan produk lokal, setidaknya kamu tidak terlalu rugi.

3. Cobalah Share In Jar terlebih dahulu

Jika kamu mau mencoba produk luar negeri yang agak mahal, sebaiknya cobalah produk share in jar terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa tahu, apakah produk tersebut cocok denganmu atau tidak. Jika cocok, kamu bisa melanjutkan dengan membeli full size-nya. Namun jika tidak, kamu pun tidak terlalu rugi karena sudah mengeluarkan budget yang lumayan.

4. Utamakan beli skincare basic

Untuk pemula sebaiknya belilah skincare yang dasar saja, seperti facial foam, sunscreen, masker dan scrub. Jika skincare basic-mu sudah baik, baru tambahkan skincare lain seperti serum atau face oil. Hal ini juga dapat meminimalisir breakout pada wajahmu.

5. Manfaatkan produk dupe

Dupe dalam dunia per-skincare-an adalah sebuah istilah yang digunakan untuk produk yang memiliki manfaat dan fungsi yang hampir sama dengan produk lain. Namun, produk tersebut biasanya dihargai lebih murah daripada produk yang diduplikasinya. Sebut saja Emina Lip Mask yang merupakan dupe dari Laneige Lip Mask. Namun perlu diingat bahwa produk dupe bukan berarti KW-annya ya.

6. Manfaatkan sample gratis

Jika sedang berbelanja skincare, tentu kamu sering menjumpai sample gratis. Kamu bisa manfaatkannya untuk mengetahui apakah kulitmu cocok atau tidak dengan skincare tersebut.

Selain itu kamu juga harus ingat, bahwa skincare yang cocok pada orang lain belum tentu cocok di kulitmu. Dan juga jangan lupa jaga pola hidup sehat untuk kulit yang lebih glowing.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencoba atau membeli produk skincare. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga