Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu Dilakukan Akhir Juni 2023

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 18 Juli 2022
0 dilihat
Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu Dilakukan Akhir Juni 2023
KPU Kota Kendari saat melakukan rapat pemutakhiran data pemilih untuk bulan Juni 2022, dan akan melakukan finalisasi data pemilih di 29 Juli 2022. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari bakal melakukan pemutakhiran data pemilih, yang bakal memilih di Pemilu 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Mulai tanggal 14 Oktober 2022 sampai 21 Juni 2023 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari bakal melakukan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, yang bakal memilih di Pemilu 2024 mendatang.

Dimana itu sudah menjadi jadwal dari agenda tahapan pemilu yang telah dimulai sejak 14 Juni 2022, dan serentak dilakukan oleh seluruh wilayah Indonesia.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan, terkait dengan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, KPU RI akan memgeluarkan PKPU tersendiri yang saat masih dalam proses perundangan di DPR RI.

"Dalam hal pemutakhiran data pemilih untuk tahun 2024, itu berbeda dari yang sebelumnya. Dimana jika di pemilu sebelumnya pemutakhiran data pemilih dilakukan hanya pada saat masuk tahapan pemilu atau pemilihan. Di Pemilu 2024, pemutakhiran data pemilih dilakukan secara berkelanjutan, yakni walaupun belum masuk tahapan pemilu atau pemilihan, pemutakhiran data pemilih dilakukan secara berkala," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Untuk sekarang, tahapan pemilu yang dilakukan, adalah pembahasan program dan anggaran, yang termaksud juga penyusunan produk-produk hukum, yang dilakukan atau terpusat di KPU RI.

Lanjut dia, pemutakhiran data pemilih dilakukan lebih awal, karena di pemilu lima tahun sebelumnya, itu sudah ada program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Sehingga pasca pemilu 2019 lalu, pendataan pemilih itu langsung dilakukan.

Baca Juga: Pilkada 2024, Rajiun Tumada: Harga Mati untuk Muna

"Semenjak tahun 2020, kita sudah lakukan pendataan pemilih di setiap bulannya, melihat potensi dari pemilih, terutama potensi pemilih baru, pensiunan TNI-Polri, masyarakat yang berpindah dan masuk di Kota Kendari, orang meninggal, dan lain sebagainya. Itu kita data, dan setiap tiga bulan, kita adakan rapat untuk pemutahiran hasil pendataan yang dilakukan setiap bulan," jelasnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Kendari, Asril menambahkan bahwa jumlah pemilih bersifat dinamis, artinya setiap waktu akan mengalami perubahan.

Baca Juga: Tiga Kader Siap Tarung di Pilwali Kendari, NasDem Syaratkan Elektabilitas Tinggi

"Selama beberapa bulan terakhir memang tidak mengalami perubahan signifikan, bahkan hanya bertambah empat bahkan tidak ada penambahan jumlah. Intinya jumlah pemilih, nanti akan ditahu tahun depan. Jadi untuk persiapan KPU sendiri, tinggal bagaimana melihat dan mengkategorikan, wilayah mana yang nanti akan kita berikan sosialisasi tentang pemilu," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk update jumlah data pemilih per Juni 2022 itu berjumlah 213.215. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga