adplus-dvertising

Penanaman Puluhan Ribu Mangrove di Hari Pers Nasional

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 04 Februari 2022
910 dilihat
Penanaman Puluhan Ribu Mangrove di Hari Pers Nasional
Penanaman 25 ribu batang mangrove di Teluk Kendari, Kota Kendari. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Balai Pengelolaaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sampara melakukan penanaman mangrove (Bakau) di area Kampung Bakau Teluk Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam persiapan Hari Pers Nasional (HPN), Balai Pengelolaaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sampara melakukan penanaman mangrove (Bakau) di area Kampung Bakau Teluk Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (4/2/2022).

Pada kesempatan ini, Ketua pelaksana penanaman mangrove, Abdul Jalil, mengerahkan kru BPDASHL Sampara untuk melakukan penanaman mangrove guna mempersiapkan perayaan HPN.

Dimana nantinya pada hari puncaknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut andil bersama masyarakat serta anak pramuka berasal dari sekolah yang ada di Kota Kendari ikut dalam kegiatan penanaman mangrove di Kampung Bakau, dengan luas mencapai 4-5 hektar.


“Semua kru BPDASHL Sampara melakukan penanaman yang berjumlah 50-60 orang, dengan luas kurang lebih 5 hektar sampai kampung bakau hanya menanam mangrove saja," tutur Abdul Jalil, Jumat (5/2/2022).

Penanaman ini sendiri diketahui, akan berlanjut sampai puncak HPN, yang dimana nantinya akan dihadiri juga oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Dinkes Kendari Keluarkan Aturan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Usia 6-11 Tahun Minimal 30 Siswa

Selain penanaman, anggota BPDASHL Sampara juga akan membuat stage sepanjang 75 meter dan setinggi 5,8 meter, untuk tempat berdirinya presiden dan masyarakat yang akan mengikuti kegiatan  menanam mangrove, karena nanti diperkirakan air laut akan mengalami pasang.

Selain itu, bibit mangrove yang ditanam merupakan pembibitan sendiri dari BPDASHL Sampara yang diberikan ke kampung bakau kurang lebih 4-5 hektar yang dipersiapkan sebanyak 25 ribu batang.

"Ada 25 ribu batang dari pembibitan sendiri yang nantinya akan ditanam di kampung bakau ini," katanya.

Ada banyak kegiatan yang difasilitasi oleh Pemda Kota Kendari, salah satunya ialah penanaman mangrove yang bertujuan untuk penyambutan perayaan HPN.

Baca Juga: SatPol-PP Tertibkan Lokasi Pedagang Tambat Labuh Teluk Kendari

Selain untuk penyambutan HPN, penanaman mangrove ini juga bertujuan untuk pecegahan erupsi air laut serta restorasi mangrove agar hutan mangrove kendari tidak gundul. (C)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga