Pencarian ABK KM Sumber Rezeki dan Nelayan Buton Selatan Belum Ditemukan

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Pencarian ABK KM Sumber Rezeki dan Nelayan Buton Selatan Belum Ditemukan
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap ABK KM Sumber Rezeki yang hilang di perairan Tanjung Pemali Buton. Foto: Ist.

" Hingga kini operasi SAR H4, terhadap ABK KM Sumber Rejeki 03 yang bertabrakan dengan kapal MV Sami di sekitar perairan Tanjung Pemali belum menemukan hasil "

BUTON, TELISIK.ID - Hingga kini operasi SAR H4, terhadap ABK KM Sumber Rejeki 03 yang bertabrakan dengan kapal MV Sami di sekitar perairan Tanjung Pemali belum menemukan hasil.

Hingga memasuki pukul 17.30 Wita, pencarian yang dilakukan terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari KM Sumber Rejeki 03 dengan hasil nihil.

"Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali besok pagi pada pukul 06.30 Wita,” ujar Komandan Pos SAR Baubau, Susandi Fadly, Selasa (23/10/2023).

Kata dia, korban Doni (35) ABK KM Sumber Rejeki 03, warga Kecamatan Wameo, Kota Baubau belum menemukan titik terang sejak hilang empat hari lalu.

Baca Juga: Tabrakan Kapal di Tanjung Pemali Buton, Kapten KM Sumber Rezeki Meninggal Dunia

Padahal lanjut dia, unsur yang dilibatkan saat pencarian ABK RB 210, Pos TNI AL Baubau, ABK KM Sumber Rejeki 02 dan nelayan sekitar.

Kronologi kejadiannya pada Sabtu, 21 Oktober 2023 pukul 03.00 Wita, kapal KM Sumber Rejeki 03 POB 6 orang rute Binongko menuju Baubau, tabrakan dengan kapal MV Sami POB 25 orang, rute Banjarmasin menuju Maluku Utara di tanjung Pemali Kabupaten Buton.

Akibat tabrakan tersebut salah seorang ABK dari KM Sumber Rejeki 03 tidak berada di kapal pada saat pengecekan dan diduga korban terjatuh ke laut, mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan parah akibat tabrakan tersebut

Sementara itu, Kepala KKP Kendari, Muh Arafah mengatakan, hasil Ops SAR H6 terhadap 1 orang yang belum kembali dari melaut di sekitar perairan teluk Lande, hingga memasuki pukul 17.30 Wita pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan hasil nihil.

“Pencarian hari ke enam ini dihentikan sementara,” jelas Arafah dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Nelayan Buton Selatan Hilang saat Cek Bubu di Perairan Siompu Barat

Data korban Ali Bura (17), warga Desa Windu Makmur Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. Unsur yang terlibat saat pencarian di antaranya Pos SAR Baubau, PMI Kota Baubau, BPBD Buton Selatan, Polsek Lapandewa, Babinsa Desa Windu Makmur, masyarakat sekitar, keluarga korban.

Diketahui, pada Rabu, 18 oktober 2023 pukul 15.00 Wita, korban pergi mencari ikan di bagang sekitar perairan teluk Lande dengan menggunakan sampan, sampai saat ini korban belum kembali, telah dilakukan pencarian oleh masyarakat sekitar dan keluarga korban dengan hasil nihil.

Dalam Pencarian yang dilakukan oleh pihak keluarga, ditemukan alat pancing milik korban di bagang sementara sampan yang digunakan oleh korban ditemukan di pohon bakau sekitar pantai. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga