Pencemaran Air di Kendari Diduga Dilakukan Sejumlah Pengusaha

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 19 Juli 2024
0 dilihat
Pencemaran Air di Kendari Diduga Dilakukan Sejumlah Pengusaha
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari dan Celebes Concervation Center (CCC) datangi beberapa titik yang diduga melakukan pencemaran air. Foto: Kolase.

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari dan Celebes Concervation Center (CCC) datangi beberapa titik yang diduga melakukan pencemaran air "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari dan Celebes Concervation Center (CCC) mendatangi beberapa titik yang diduga melakukan pencemaran air, Jumat (19/07/2024).

DLHK Bidang Pengawasan dan CCC melakukan inspeksi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dilakukan di beberapa tempat, salah satunya di Hotel Same Boutique.

Inspeksi tersebut dilakukan atas dasar aduan masyarakat, adanya pencemaran air yang diduga dilakukan beberapa pengusaha di sektar Jalan Malaka Kota kendari.

Baca Juga: VIP Protection Diterapkan Polda Sulawesi Tenggara Pengawalan Calon Kepala Daerah

Kepala Bidang Pengawasan DLHK Kota Kendari, Ratna Sakai mengatakan, pihaknya masih menelusuri sumber pencemaran air tersebut.

“Kami sudah mengecek beberapa sumber-sumber yang kami duga, tapi memang bukti-buktinya belum ada yang kuat,” kata Ratna Sakai saat ditemui di lokasi inspeksi.

Ratna Sakai juga mengaku pihaknya akan tetap mencari sumber-sumber yang lain.

“Jadi kami masih mencari sumber-sumber lain, hari ini kami cukupkan, nanti kami melanjutkan untuk mencari sumber-sumbernya, tapi kami sudah mendatangi yang kami duga, tapi memang belum ada bukti yang mengarah kesitu. Jadi kami akan cari sumber lain lagi,” tegas Ratna Sakai.

Sementara itu, Sekertaris Jendral (Sekjend) Celebes Concervation Center, Fingki mengatakan, pihaknya akan terus melakukan investigasi serta kajian mendalam terkait pencemaran air limbah di sekitaran Jalan Malaka Kota Kendari.

Baca Juga: Penyanyi Dola-Dola Hibur Warga Kota Kendari di Acara Kick Off Pengawasan Pemilihan Serentak 2024

“Jadi terkait investigasi kami berhadap pencemaran air di sekitaran Hotel Same Boutique, kita belum menemukan pelaku pecemaran air tersebut,” kata Fingki.

Fingki juga menerangkan pihaknya bersama DLHK akan terus melakukan pendalam mengenai pencemaran air yang dilakukan oleh oknum-oknum pengusaha.

“Kami akan melakukan investigasi lebih mendalam bersama DLHK Kota Kendari untuk mencari pipa-pipa atau saluran-saluran nakal yang membuang limbahnya tanpa melalui Instalasi Pengelolan Air Limbah makan. Dari itu kami akan melanjutkan investigasi ini,” terang Fingki. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga