adplus-dvertising

Pencipta Doraemon dan Ninja Hatori Fujiko Fujio Meninggal di Usia 88 Tahun, Begini Kronologisnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 08 April 2022
605 dilihat
Pencipta Doraemon dan Ninja Hatori Fujiko Fujio Meninggal di Usia 88 Tahun, Begini Kronologisnya
Fujiko A. Fujio, kartunis Jepang pencipta manga Ninja Hattori dan Doraemon meninggal dunia. Foto: Newstarts

" Pencipta manga dan co-creator Doraemon Fujiko Fujio A (nama asli Motoo Abiko) meninggal dunia pada Kamis 7 April 2022 pagi di kediamannya di Kawasaki "

TOKYO, TELISIK.ID - Pencipta manga dan co-creator Doraemon Fujiko Fujio A (nama asli Motoo Abiko) meninggal dunia pada Kamis 7 April 2022 pagi di kediamannya di Kawasaki, Tokyo dalam usia 88 tahun.

Melansir animenewsnetwork.com, polisi menanggapi panggilan yang melaporkan seseorang pingsan sekitar pukul 08:40 di kediaman artis itu, tetapi Fujiko sudah meninggal pada saat petugas tiba di tempat kejadian.

Polisi sedang menyelidiki kematian Fujiko, tetapi mencatat bahwa pemeriksaan sepintas mengungkapkan bahwa Fujiko tidak mengalami cedera atau luka yang mencurigakan.


Fujiko Fujio A mungkin paling dikenal karena kolaborasinya dengan Fujiko F. Fujio (nama asli Hiroshi Fujimoto) dengan nama samaran kolektif Fujiko Fujio.

Duo ini menulis manga Doraemon yang terkenal di dunia tentang robot kucing tituler dari masa depan dan persahabatannya dengan bocah lelaki Nobita.

Pasangan ini bekerja bersama sebelum berpisah pada tahun 1987, dengan Abiko menggunakan nama samaran Fujiko Fujio A, dan Fujimoto menggunakan nama samaran Fujiko Fujio F (kemudian Fujiko F. Fujio).

Baca Juga: Deretan Artis Hollywood yang Jalani Puasa Ramadan, Nomor 4 Wanita Hijab Tercantik di Dunia

Fujimoto meninggal pada tahun 1996. Doraemon telah meluncurkan salah satu waralaba media anak-anak paling sukses di dunia, menginspirasi banyak film anime dan tiga serial anime televisi terpisah.

Yang ketiga dimulai pada tahun 2005 dan masih berlangsung dan tetap menjadi salah satu yang paling tinggi peringkat anime di televisi Jepang minggu demi minggu.

Motoo Abiko juga menulis sejumlah seri manga yang sukses, termasuk Ninja Hattori-kun, Kaibutsu-kun, Pro Golfer Saru, dan Warau Salesman.

Melansir Jurnalsoreang, Ninja Hattori-kun menginspirasi sebuah anime televisi yang tayang dari 1981 hingga 1987, tiga film anime dari 1982 hingga 1984, dan sebuah film live-action pada 2004.

Baca Juga: Kena Sanksi Negara Barat, Rusia Jual Minyaknya dengan Harga Sangat Murah

Kaibutsu-kun mengilhami dua anime televisi yang berlangsung dari 1968 hingga 1969 dan 1980 hingga 1982, masing-masing, serta dua film anime pada tahun 1981 dan 1982.

Pegolf Pro Saru mengilhami anime TV khusus tahun 1982, anime televisi yang berlangsung dari tahun 1985 hingga 1988, dan dua film anime pada tahun 1986 dan 1987.

Warau Salesman mengilhami anime televisi yang ditayangkan dari 1989 hingga 1992, serta The Laughing Salesman NEW, sebuah anime televisi 2017 yang mewakili adaptasi terbaru dari karya individunya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga