Pencopotan Tiga Kabid Dikbud Dipastikan Murni Penyegaran Birokrasi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 27 Juli 2022
0 dilihat
Pencopotan Tiga Kabid Dikbud Dipastikan Murni Penyegaran Birokrasi
Dikbud Sulawesi Tenggara menyatakan tidak ada masalah terkait pergantian tiga kepala bidang. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pergantian tiga kabid secara bersamaan merupakan sesuatu hal yang lumrah di pemerintahan, dan tidak ada sama sekali sangkut pautnya dengan adanya masalah atau kegagalan kabid yang diganti "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara baru-baru ini, mencopot tiga kepala bidang (kabid), yaitu Kabid SMA, Kabid SMK, dan Kabid GTK secara bersamaan. Pergantian tiga kepala bidang tersebut, menimbulkan banyak pertanyaan ataupun spekulasi.

Pergantian kabid diduga karena banyaknya masalah, salah satunya terkait anggaran dana BOS, yang tidak berjalan dengan baik. Bahkan ada yang diduga melakukan tindakan korupsi, yaitu Kepala SMAN 1 Kontunaga, Kabupeten Muna Sulawesi Tenggara.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Dikbud Provinsi Sulawesi Tenggara, Angreni Balaka mengatakan, pergantian tiga kabid secara bersamaan merupakan sesuatu hal yang lumrah di pemerintahan, dan tidak ada sama sekali sangkut pautnya dengan adanya masalah atau kegagalan kabid yang diganti.

"Penyegaran atau pembaharuan. Dan ini sudah menjadi hal biasa di birokrasi. Jadi kita sebagai pegawai, harus siap jika dicopot dan dipindahkan. Karena itu hal yang sudah pasti akan terjadi," ungkapnya Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Jalankan Wasiat Almarhum Orang Tua, Bapak Ini Buka Usaha Kafetaria Kekinian

Dia menjelaskan, adanya isu miring terkait pergantian tiga kabid didasari oleh adanya ketidaksetabilan yang terjadi, ia menegaskan bahwa itu sama sekali tidak benar. Pergantian dilakukan murni karena rotasi semata.

"Tidak ada masalah, diganti karena memang sudah menjadi kebijakan pimpinan, yang bertujuan untuk melakukan pembaharuan di satuannya, tanpa ada unsur lain," jelasnya.

Baca Juga: Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Kota Kendari, Ini 7 Titik Lokasi Kamera ETLE

Sementara itu, Kabid GTK Dikbud Sultra yang baru, Husrin mengungkapkan, rotasi, promosi dan mutasi adalah hal biasa dalam birokrasi, dan semoga ini menjadi momentum bagi semua dalam meningkatkan kualitas kinerja dan kapasitas organisasi.

"Jika pimpinan sudah menunjuk, yah harus siap, karena itu sudah menjadi arahan dan kepercayaan yang telah diberikan. Jadi kita harus menjalankan dengan baik dan maksimal. Terkait ke depan bakal dilakukan mutasi, yah itu hal biasa, dan sudah pasti bakal terjadi," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga