adplus-dvertising

Pendaftar Hanya 2 Orang, SMP Negeri di Buton Utara Terancam Tutup

Aris, telisik indonesia
Minggu, 03 Juli 2022
2936 dilihat
Pendaftar Hanya 2 Orang, SMP Negeri di Buton Utara Terancam Tutup
Dinas Pendidikan akan memberlakukan sistem zonasi dan jalur prestasi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Kabupaten Buton Utara. Foto: Aris/Telisik

" Sekolah yang terletak di Desa Waculaea, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara itu, hanya memiliki 9 orang siswa "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pada umumnya setiap sekolah sedikitnya memiliki puluhan siswa. Namun berbanding terbalik dengan salah satu sekolah di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

SMP Negeri Satap 2 Kulisusu misalnya. Sekolah yang terletak di Desa Waculaea, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara itu, hanya memiliki 9 orang siswa.

Belum lagi, sejumlah siswa yang baru-baru ini tamat dari SD Negeri 1 Waculaea yang berhadapan dengan SMP Satap 2 Kulisusu itu, tidak ingin mendaftar sekolah di SMP Satap tersebut.


Baca Juga: Daging Ternak yang Terinfeksi Virus PMK Boleh Dikonsumsi, Ini Caranya

Sebanyak 6 orang siswa yang sudah tamat di SDN 1 Waculaea itu, hanya tersisa 2 orang yang mendaftar di SMP Satap 2 Kulisusu. 4 orang lainnya lebih berminat untuk melanjutkan pendidikan di Ereke atau di luar Desa Waculaea.

"Sementara gurunya di situ (SMP Satap 2 Kulisusu) cukup. Ada guru bahasa inggris, matematika, IPA, kemudian bahasa indonesia, IPS, yang intinya lengkap gurunya," keluh Kepala SMP Satap 2 Kulisusu, Suniati kepada wartawan, Sabtu (2/7/2022).

Sehingga, Suniati berharap demi keberlangsungan pendidikan di SMP Satap 2 Kulisusu itu, agar diperjuangkan dengan sistem zonasi.

Di tempat yang sama, Kepala SDN 1 Waculaea, Nurhayati mengatakan, pihaknya sudah menekankan para siswanya yang sudah tamat untuk mendaftar di SMPN Satap 2 Kulisusu di Desa Waculaea itu.

"Hanya mereka tidak mau mendaftar ke Satap, kecuali di Ereke," ujarnya.

Baca Juga: Kunker ke Manado Legislatif Kolaka Utara Koordinasi Kebijakan Ekspor Komoditi Pertanian

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Kusman Surya mengatakan, pendaftaran bagi siswa yang melanjutkan sekolah di Kabupaten Buton Utara akan diberlakukan sistem zonasi dan jalur prestasi berdasarkan surat keputusan yang akan dikeluarkan oleh pihak Dinas Pendidikan pada Senin besok (4/7/2022).

Terkait siswa SDN 1 Waculaea yang sudah mendaftar di Ereke atau tidak mendaftar di SMP Satap tersebut, Kusman Surya akan melakukan koordinasi, alasannya jangan sampai mematikan SMP Satap tersebut.

"Kecuali kita lihat prestasi mungkin. Jalur prestasi, ada juga jalur prestasi. Nda bisa anak-anak kita halangi kalau prestasinya bagus kan," ungkap Kusman Surya, dihubungi melalui telepon, Minggu (3/4/2022). (A)

Penulis: Aris

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga