Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya

Nur Meli, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya
Suasana Awarding Night beasiswa OSC 2018. Foto: Instagram @beasiswaosc

" Sejak diadakan pada tahun 2015, OSC telah memberikan beasiswa kepada 2.839 anak di Indonesia dan 230 anak yang mendapatkan bantuan living cost "

KENDARI, TELISK.ID - Pendaftaran online Scholarship Competition (OSC) 2023 resmi dibuka. Pendaftaran dibuka mulai dari 7 Agustus hingga 1 November 2023. Beasiswa OSC merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang hadir untuk putra-putri Indonesia.

Dilansir dari Osc.medcom.id, sejak diadakan pada tahun 2015, OSC telah memberikan beasiswa kepada 2.839 anak di Indonesia dan 230 anak yang mendapatkan bantuan living cost.

Tahun ini, Beasiswa OSC kembali digelar dengan menawarkan 418 kuota beasiswa S1 dan OSC Santri dengan 21 perguruan tinggi di Indonesia.

Melalui siaran online pada Press Conference and Kick Off Beasiswa OSC 2023, Senin (7/8/2023) lalu, pemimpin redaksi Medcom.id, Indra Maulana menyebutkan, perguruan tinggi mitra beasiswa OSC tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Palembang, Lampung, dan Medan.

Baca Juga: Daftar 10 Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia, Ada Kampusmu?

Berikut daftar 21 Universitas Mitra Penyedia Beasiswa OSC 2023 :

Universitas Esa unggul

Universitas Mercu Buana

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Trisakti

LSPR Communication and Business Institute

Universitas Persada Indonesia YA.I.

Institut Teknologi Nasional Bandung

Universitas Kristen Maranatha

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia

Universitas Gajayana

Universitas Islam Malang

Universitas Ciputra

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Univeritas Fajar

Universitas Muslim Indonesia

Universitas Bandar Lampung

Universitas Bina Darma

Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Dia juga mengungkapkan syarat dan ketentuan mendaftar Beasiswa OSC 2023:

1. Memiliki motivasi yang kuat untuk kuliah

2. Siswa SMA Sederajat kelas 3 yang akan lulus di tahun 2024

3. Siswa SMA sederajat yang sudah lulus di 2022 dan 2023 tapi belum kuliah

4. Mengisi formulir data diri lengkap dan melakukan pembayaran registrasi sebesar Rp 35.000 di website osc.medcom.id.

"Tahun ini, peserta akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 35.000, dimana peserta akan mendapatkan 1 x free try out atau latihan soal. Selain itu, peserta juga dapat mengikuti program mentoring yang telah disediakan tim oscmedcom," paparnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dan persiapan tes kepada peserta menjelang seleksi tahap pertama yakni online test, sehingga peserta memiliki peluang lolos OSC 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation, Mirdal Akib, berharap, metode seleksi beasiswa yang diadakan secara online diharapkan dapat menjangkau pelajar di seluruh pelosok negeri sehingga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan di kampus-kampus terbaik di Indonesia.

Arlin N, community development Medcom.id saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengungkapkan, pendaftar beasiswa OSC di Sulawesi Tenggara pada tahun-tahun sebelumnya cukup banyak. Beberapa di antara mereka yang menerima beasiswa ini juga  telah menyelesaikan studinya.

"Cukup banyak sih seingatku," ujarnya.

Syabania Hasana Muhammad, penerima beasiswa OSC 2019 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), yang berasal dari SMAN 1 Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menjelaskan, pendaftar beasiswa OSC akan melalui tiga tahap seleksi yaitu online test, seleksi berkas, dan final test.

Baca Juga: SMK Pertambangan Pertama di Muna Mulai Dijalankan

"Pada online test, peserta akan mengerjakan soal ujian secara online di website osc.medcom.id, kemudian yang lolos tahap pertama akan mengikuti seleksi berkas. Pada tahap ini peserta akan mengirimkan dokumen yang akan diseleksi secara langsung oleh universitas penyedia beasiswa. Nah jika lolos, akan lanjut lagi ke final test dimana peserta akan mengikuti wawancara langsung dengan universitas," jelasnya, Rabu (6/9/2023).

Benefit yang akan diterima oleh penerima Beasiswa OSC adalah bebas uang pangkal 100 persen, bebas uang semester selama 8 semester, mendapatkan tabungan pendidikan untuk pemenang terbaik yang disediakan oleh BRI Peduli, bantuan living cost untuk penerima terpilih, lalu akan berkesempatan magang dan bekerja di jaringan Media Group.

"Saya tertarik ikut beasiswa ini, selain karena rekomendasi dari senior saya,  beasiswa OSC juga memberikan benefit yang saya butuhkan, dan poin plusnya memberikan kesempatan magang bagi Awardee terpilih," tambahnya.

Diketahui pendaftaran beasiswa OSC 2023 dilakukan melalui website osc.medcom.id.(B)

Penulis: Nur Meli

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga