Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Prioritaskan Kebutuhan OPD dan Sekolah di Sulawesi Tenggara

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 05 Mei 2024
0 dilihat
Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Prioritaskan Kebutuhan OPD dan Sekolah di Sulawesi Tenggara
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tenggara, Zanuriah. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Terkait usulan formasi CPNS 2024, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah mengajukan ke KemenPAN-RB dengan mengikuti kuota yang ditetapkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Terkait pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2024, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tenggara telah mengajukan kuota ke KemenPAN-RB.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tenggara, Zanuriah mengatakan, terkait usulan formasi CPNS 2024, telah diajukan ke KemenPAN-RB dengan mengikuti kuota yang ditetapkan.

Pihaknya mengusulkan formasi guru yang tidak lolos CPNS 2023 sebanyak 118 orang, telah diajukan untuk dialihkan ke kuota PPPK tahun 2024.

Formasi yang diusulkan berdasarkan kebutuhan riil di OPD Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan formasi jabatan yang diusulkan sesuai kualifikasi dan kebutuhan OPD tersebut.

"Yang jelas kami dari Provinsi Sulawesi Tenggara tetap mengusulkan. Kami sudah masukkan formasi-formasi apa yang dibutuhkan di Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Zanuriah beberapa waktu lalu.

Lanjut Zanuriah, usulan formasi PPPK diajukan berdasarkan kebutuhan sekolah-sekolah di Sulawesi Tenggara, dengan prioritas diberikan kepada pendaftar yang telah memiliki akun CASN.

Baca Juga: Ini Link Pendaftaran CPNS 2023 dan Tata Cara Daftar

Kemudian Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan memetakan sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru. Hal ini dilakukan untuk memastikan penempatan guru PPPK tepat sasaran.

"Yang terpenting sekarang untuk pengisian ditentukan sekolah-sekolah apa yang belum dapat lalu dipetakan. Makanya dalam dokumen perencanaan yang diusulkan oleh Provinsi Sulawesi Tenggara ke MenPAN-RB itu tetap mengacu kepada kuota-kuota yang telah disampaikan," tegas Zanuriah.

Kemudian kata Zanuriah, terkait penamaan jabatan sesuai dengan usulan OPD dan penjurusan untuk guru. Pengumuman formasi dan penempatan jabatan menunggu arahan BKN.

Lebih lanjut, kata Zanuriah, informasi jabatan berdasarkan kebutuhan perangkat daerah kurang lebih 300, kebutuhan jabatan yang terlalu banyak sehingga belum dapat dipetakan secara detail. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.

"Kalau terkait dengan informasi jabatan, itu perangkat daerah yang membutuhkan, karena disitu banyak kurang lebih 300 kami tidak bisa petakan," kata Zanuriah.

Sementara itu, kata Zanuriah, untuk informasi jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2024, masih menunggu arahan dari BKN.

Sebelumnya, Pemprov Sulawesi Tenggara telah mendapat persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemprov tahun 2024 dengan alokasi sebanyak 7.497.

Baca Juga: Intip Pendaftaran CPNS Bakal Dibuka Juni 2023, Catat Persyaratannya

Dengan rincian 1.509 untuk alokasi CPNS dan 5.988 untuk alokasi PPPK. Sesuai dengan skala prioritas nasional, ada 3 (tiga) yakni tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga teknis.

Untuk Alokasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) alokasi sebanyak 5.988, masing-masing untuk tenaga guru sebanyak 981, tenaga kesehatan CPNS 442 dan PPPK 702 serta tenaga teknis untuk CPNS sebanyak 1.067 dan PPPK 4.305.

"Alhamdulillah kita telah mendapat persetujuan prinsip kebutuhan ASN tahun 2024 dari KemenPAN-RB sebanyak 7.497 orang. Masing-masing 1.509 untuk alokasi CPNS meliputi tenaga kesehatan dan tenaga teknis," kata Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto.

Ia berharap pengadaan dan seleksi CPNS ini dilaksanakan dengan adil, kompetitif, obyektif, transparan, bersih dan gratis. Tidak ada penyimpangan dan diurut masa pengabdian yang sudah lama. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga