adplus-dvertising

Pendaftaran Prakerja Gelombang Empat Dibuka Hari Ini, Begini Caranya

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 26 Mei 2020
902 dilihat
Pendaftaran Prakerja Gelombang Empat Dibuka Hari Ini, Begini Caranya
Presiden RI Joko Widodo, saat menunjukan kartu prakerja. Foto: indonews.id

" Jadi gelombang empat akan dibuka pada tanggal (26/5/2020), begitu setelah lebaran langsung dibuka. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang empat pada hari ini, Selasa (26/5)2020). Sebelumnya, sempat ditunda dari jadwal yang telah ditentukan persis setelah perayaan lebaran.

Namun, tidak dipaparkan secara pasti jam berapa kartu Pra Kerja gelombang empat akan dibuka.

Sementara itu, dilihat melalui media sosial Pra Kerja juga belum terdapat informasi mengenai pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang empat.


Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa Purbasari angkat suara melalui diskusi daring pekan lalu.

"Jadi gelombang empat akan dibuka pada tanggal (26/5/2020), begitu setelah lebaran langsung dibuka," tuturnya dikutip surya.co.id

Serupa dengan gelombang sebelumnya, pemerintah memberlakukan syarat dan tata cara untuk mendapatkan kartu prakerja.

Baca juga: Melawan Saat Ditangkap, DPO Penganiayaan di Muna Didor

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program kartu prakerja antara lain, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

pertama, setelah membuka situs pendaftaran, masukkan data diri untuk diverifikasi. Ke dua, setelah lolos verifikasi data, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan matematika dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Ke tiga, pengumuman peserta yang diterima.

Ke empat, peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Saat ini, tersedia 900 pelatihan dari delapan platform digital seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

Ke lima, peserta mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan. Ke enam, usai merampungkan pelatihan, setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik dan lembar survei terkait program pelatihan yang diikuti.

Pemerintah akan memberikan insentif sebesar Rp 150 ribu setelah pengisian survei evaluasi tersebut.

Ke tujuh, peserta akan menerima insentif pasca penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Insentif itu diberikan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta.

Baca juga: Puluhan Kendaraan yang Hendak Masuk Kolaka Harus Berputar Arah

Khusus untuk dompet digital, pemerintah telah bekerja sama dengan Gopay, LinkAja, dan OVO.

Dalam program ini, setiap peserta akan mendapatkan total insentif sebesar Rp 3,55 juta. insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

Jika peserta tidak mengikuti pelatihan pertama, maka statusnya sebagai peserta di program kartu prakerja langsung hangus dan tak akan mendapatkan insentif yang dijanjikan pemerintah.

Pemerintah menyediakan call center, jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga