adplus-dvertising

Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Teknologi di UT Kendari

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
412 dilihat
Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Teknologi di UT Kendari
Universitas Terbuka Kendari memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mahasiswa jarak jauh berbasis teknologi. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" UT memiliki jaminan mutu yang tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan standar dari Internasional Council for Distance Education (ICDE), serta dari asosiasi perguruan tinggi terbuka "

KENDARI, TELISIK.ID - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kendari, Sulawesi Tenggara, memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dari jarak jauh berbasis teknologi.

Mahasiswa UT Kendari diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menuntut mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri.

Kepala UPBJJ-UT Drs. Arifin T., S.Pd., M.Pd. mengatakan, sebagian besar mahasiswa UT Kendari sudah bekerja, baik itu guru ataupun pekerja swasta yang ingin menaikkan jenjang pendidikannya.


"Kurikulum di UT sudah disesuaikan dengan cara mahasiswa menempuh pendidikan dengan sistem jarak jauh, untuk mahasiswa yang sudah mempunyai pekerjaan itu tetap mengikuti proses perkuliahan ataupun parktikum walaupun secara online," ujar Arifin, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Intip Beasiswa Dalam dan Luar Negeri 2023

Baca Juga: Intip Beasiswa S1 hingga S3 Luar Negeri 2023

Dia menambahkan, sebelum dunia digital marak dengan adanya pandemi, sebenarnya salah satu kompetensi lulusan UT mereka sudah terbiasa berinteraksi dengan sistem teknologi, mulai dari cara ujian, proses belajar dan sebagainya. Oleh sebab itu UT tidak lagi kesulitan saat menghadapi pembelajaran di masa pandemi.

Selain itu, Manajer Keuangan dan Umum UT Kendari, Fitrah Yuliani Sabara, S.Kom mengatakan, UT memiliki jaminan mutu yang tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan standar dari Internasional Council for Distance Education (ICDE), serta dari asosiasi perguruan tinggi terbuka yakni Asian Association of Open Universities Quality Assurance Frame Work (AAOU QA Frame Work).

"UT sejak dulu sudah punya kualitas Internasional dan saat ini masuk sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH)," ujar Fitrah. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga