Peneliti Ini Temukan Nyamuk Kebal Racun Insektisida

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Peneliti Ini Temukan Nyamuk Kebal Racun Insektisida
Peneliti Kenya telah menemukan spesies nyamuk yang berasal dari Asia Selatan yang resisten terhadap insektisida di Benua Afrika. Foto: Repro Voaindonesia.com

" Para ahli dari Kenya Medical Research Institute (Kemri) mengidentifikasi spesies nyamuk Anopheles stephensi selama pengawasan rutin di distrik utara Marsabit "

NAIROBI, TELISIK.ID - Peneliti Kenya telah menemukan spesies nyamuk yang berasal dari Asia Selatan yang resisten terhadap insektisida di benua Afrika.

Melansir News.klite.id, para ahli dari Kenya Medical Research Institute (Kemri) mengidentifikasi spesies nyamuk Anopheles stephensi selama pengawasan rutin di distrik utara Marsabit.

Data dari rumah sakit di Kenya juga menunjukkan peningkatan kasus malaria meski bukan musim penyakit tersebut karena nyamuk lokal tidak bisa bertahan hidup di daerah kering.

Nyamuk invasif ini dikatakan berkembang biak baik pada musim kemarau maupun musim hujan dan dapat berkembang biak di mana saja. Para ahli khawatir penularan malaria sekarang akan berlangsung sepanjang tahun.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Baca Juga: Mengapa Nyamuk Suka Hisap Darah? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dikutip dari Sindonews.com, Dirjen Kemri, dr. Samuel Kariuki mengatakan deteksi di Kenya dapat menyebabkan penularan malaria yang lebih tinggi di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Ia mengatakan, hal ini mempersulit pemberantasan penyakit malaria yang merupakan salah satu pembunuh utama anak di bawah usia lima tahun.

Para peneliti juga mendesak warga Kenya untuk menggunakan alat pengendalian malaria yang ada seperti tidur di bawah kelambu, menggunakan obat nyamuk dan memakai baju lengan panjang untuk menghindari gigitan nyamuk. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga