Peneliti Temukan Spesies Baru Sunbird di Wakatobi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 29 Oktober 2022
0 dilihat
Peneliti Temukan Spesies Baru Sunbird di Wakatobi
Wakatobi Sunbird adalah spesies endemik pulau-pulau kecil di Kepulauan  Wakatobi, di lepas pantai Sulawesi Tenggara, Indonesia. Foto: Repro Sindonews.com

" Spesies itu adalah Burung Matahari atau Sunbird. Karena berada di Kepulauan Wakatobi sehingga burung tersebut diberi nama Sunbird Wakatobi (Cinnyris infrenatus) "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayati yang sudah mendunia, bahkan beberapa spesies tanaman dan hewan, hanya ada di Indonesia.

Burung Kolibri merupakan salah satu jenis burung kecil pemakan nektar atau madu-maduan dari keluarga Nectariniidae. Burung yang dikenal dengan sebutan Sunbird ini identik dengan paruh melengkung, serta bulu berwarna cerah dan berwarna-warni.

Berbeda dari jenis lainnya seperti burung trucukan, pada jantan terdapat sekitar 145 sub-spesies dengan 16 genus yang tersebar di berbagai belahan dunia dan sebagian dapat dijumpai di Indonesia.

Baru-baru ini Ahli Zoologi dari Trinity College Dublin, bekerja sama dengan tim peneliti di Indonesia, telah menemukan beberapa spesies baru Sunbird.

Spesies itu adalah Burung Matahari atau Sunbird. Karena berada di Kepulauan Wakatobi sehingga burung tersebut diberi nama Sunbird Wakatobi (Cinnyris infrenatus).

Baca Juga: Hewan Ini Bisa Tidur Hingga 3 Tahun

Melansir Sindonews.com, penelitian ini dilakukan dari Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara bersama para peneliti dari Trinity's School of Natural Sciences, dan baru saja diterbitkan di Zoological Journal of the Linnean Society.

Jurnal ini yang pertama menerbitkan teori evolusi Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace pada tahun 1858. Alfred Russel Wallace adalah seorang naturalis, penjelajah, geografi, antropolog, biologi, dan ilustrator asal Inggris membuat teori evolusi seleksi alam.

Dikutip dari Ecoevoblog.com, Wakatobi Sunbird adalah spesies endemik pulau-pulau kecil di Kepulauan Wakatobi, di lepas pantai Sulawesi Tenggara, Indonesia. 

Kepulauan Wakatobi telah terpisah dari daratan lain sejak pertama kali muncul dari laut, sehingga ada banyak waktu bagi populasi mereka untuk berevolusi dalam isolasi dan menghasilkan taksa endemik yang tidak ditemukan di tempat lain. 

Sunbird Wakatobi adalah spesies endemik terbaru yang diidentifikasi oleh kelompok penelitian ini, mengikuti penelitian sebelumnya tentang burung pelatuk Wakatobi dan ganda penemuan burung tersebut. 

“Black Sunbird sudah diketahui tunduk pada Garis Wallace, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa populasi di sekitar Sulawesi adalah spesies yang terpisah dari yang ada di New Guinea,” kata Fionn Marcaigh peneliti dari Trinity College Dublin dikutip dari Sindonews.com, Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Mamalia Berkembang Biak dengan Bertelur

Kepulauan Wakatobi merupakan wilayah “laboratorium alami” untuk mempelajari proses evolusi seperti dimorfisme seksual samar, “strategi supertramp," dan hubungan antara perilaku dan divergensi populasi. 

Sunbird Wakatobi saat ini diperlakukan sebagai subspesies dari Olive-backed Sunbird (Cinnyris jugularis) yang tersebar luas, tetapi temuan ini menunjukkan bahwa Sunbird didukung Olive sebenarnya terdiri dari setidaknya 4 spesies yang tersebar secara reproduktif.

Selain unik secara genetik, Sunbird Wakatobi juga memiliki bulu yang lebih gelap, nada lagu yang lebih tinggi, dan sayap yang lebih pendek daripada Sunbird. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga