adplus-dvertising

Penentuan Pilwawali Sampai Ditangan DPRD

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 29 Januari 2020
813 dilihat
Penentuan Pilwawali Sampai Ditangan DPRD
Ketua DPRD Kota Kendari. H Subhan ST. Foto: Musdar/Telisik

" Kita akan tindaklanjuti dengan rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menyusun agenda Panitia Pilwawali Senin 3 Februari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Penentuan Pemilihan Wakil Wali (Pilwawali) Kota Kendari sampai ditangan DPRD.

DPRD Kota Kendari bakal segera mulai memproses Pilwawali Kota Kendari, setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyerahkan dua nama Calon Wakil Wali (Cawawali) Kota Kendari ke DPRD untuk ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

Baca Juga: Kakek 70 Tahun di Kolaka Tewas Ditikam


Ketua DPRD Kota Kendari, H Subhan ST menerangkan, dua nama Cawawali, Adi Jaya Putra (AJP) dan Siska Karina Imran sudah diserahkan, Selasa (28/1/2020).

"Kita akan tindaklanjuti dengan rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menyusun agenda Panitia Pilwawali Senin 3 Februari," ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (29/1/2020).

Politisi PKS ini menerangkan dengan masuknya dua nama tersebut, jadwal pelaksanaan Pilwawali akan dilaksanakan berdasarkan kesepakatan Panitia Pilwawali yang diketuai Ketua DPRD.

Diketahui sebelum tahapan Pilwawali sampai ditangan DPRD, Proses Pilwawali dimulai dari penentuan Bakal Calon Wakil Wali (Bacawawali) Kota Kendari yang berlangsung begitu panjang. Bermula dari Partai Koalisi ADP-SUL, PAN dan PKB yang masing-masing merekomendasikan satu nama (Siska Karina Imran dan Rahman Tawulo) PKS membuka penjaringan Bacawawali, Mei 2019.

Setelah PKS final menentukan tiga nama Bacawawali (AJP, Alamsyah Lotunani dan Jabar Al Jufri) Selanjutnya tiga nama tersebut didorong ke DPP PKS untuk menunjujuk perwakilan satu nama. Ditangan DPP proses Pilwawali juga berlangsung lama, hingga akhirnya pada 13 Desember 2019. DPP memutuskan AJP sebagai "Jagoan" PKS merebut kursi kekuasaan nomor dua di Kota Kendari.

Kemudian 28 Desember 2019, Partai Koalisi memusyawarahkan tiga nama Bacawawali dari masing-masing Koalisi (AJP, Siska Karina Imran dan Rahman Tawulo) dan menghasilkan dua nama cawawali AJP dan Siska Karina Imran, setelah Rahman Tawulo mengundurkan diri di bursa Pilwawali.

Baca Juga: Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Warga Kolaka

Final memutuskan dua nama, (31/12/2019) Partai Koalisi menyerahkan kepada Pemkot Kendari untuk ditindaklanjuti dan kemarin (28/1/2020) dua nama Cawawali diserahkan ke Dewan Kendari.


Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga