adplus-dvertising

Penerapan Metode Gasing Tingkatkan Mutu Pendidikan di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Penerapan Metode Gasing Tingkatkan Mutu Pendidikan di Muna Barat
Proses pembelajaran dengan metode gasing yang diterapkan oleh guru kepada siswa SD. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Program peningkatan mutu pendidikan dan sumber daya manusia (SDM), membuat Pemda Muna Barat terapkan pelatihan aritmatika bagi guru dengan metode gasing (gampang, asik, dan menyenangkan) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Program peningkatan mutu pendidikan dan sumber daya manusia (SDM), membuat Pemda Muna Barat terapkan pelatihan aritmatika bagi guru dengan metode gasing (gampang, asik, dan menyenangkan).

Pelatihan aritmatika dengan metode gasing dilaksanakan tepatnya di SMPN 1 Lawa dengan peserta terdiri dari siswa SD dan SMP, guru dan tim pembimbing dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Metode gasing yang ditemukan oleh Prof Yohanes Surya merupakan, metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara mudah, asyik dan menyenangkan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dalam menindaklanjuti arahan Mendagri terkait percepatan literasi matematika bagi anak-anak di Indonesia.

Baca Juga: Budidaya Bawang Merah Bakal jadi Program Prioritas di Muna Barat

Untuk itu, ia mengharapkan agar para guru di Muna Barat yang telah mengikuti metode gasing, dapat memberikan dan mengajarkan ke guru lainnya untuk menerapkan metode itu terhadap murid.

"Dengan begitu, pengoperasian aritmatika mudah tersebar ke seluruh murid," ungkap Bahri.

Bahri katakan, metode gasing membuka peluang bagi guru-guru di Muna Barat untuk mengajarkan metode gasing di luar daerah, serta dapat meningkatkan performa kecerdasan matematika bagi pelajar.

"Sehingga dalam pengoperasian aritmatika mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian bisa meningkat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Lawa, La Ode Kaidati mengatakan, proses pelatihan aritmatika melalui metode gasing ini dilaksanakan selama 15 hari, saat ini telah memasuki hari ke-9 dengan tingkatan level pembelajaran yang selalu meningkat.

"Siswa terpilih yaitu siswa dengan kategori prestasi menengah ke bawah," ungkapnya, Kamis (8/6/2023).

Ia katakan, dalam proses pelatihan diikuti oleh 32 guru dari 32 sekolah baik SD maupun SMP yang ada di Muna Barat, untuk SD berjumlah 24 dan SMP berjumlah 8. Kemudian untuk jumlah siswa yang mengikuti pelatihan metode gasing ini berjumlah 64 orang.

Ia menjelaskan, sebelum guru-guru yang mewakili sekolah lakukan proses pembelajaran, guru-guru tersebut dilatih terlebih dahulu oleh tim yayasan, kemudian guru-guru tersebut mengajar siswanya masing-masing dan dipantau langsung oleh tim yayasan.

Baca Juga: Labfor Makassar Belum Bisa Simpulkan Penyebab Kebakaran Dinas PUPR Muna Barat

Menurutnya, metode gasing sangat luar biasa dalam hal meningkatkan kecerdasan anak, sebab anak dibentuk untuk cepat tanggap, terlebih saat pengoperasian aritmatika.

Sementara itu, Koordinator pelatihan metode gasing, Lisbeth Evy Sartika Simamora mengatakan, memang proses pembelajaran metode gasing bukan hanya monoton terhadap rumus atau pembelajaran yang didapatkan selama ini, tetapi mampu membentuk karakter siswa.

"Yang awalnya siswa cuma bisa diam, kemudian saat beberapa hari siswa tersebut mampu mengeluarkan pendapatnya," ungkapnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga