Penerbangan Bandara HO Kendari Turun Drastis

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 01 April 2020
0 dilihat
Penerbangan Bandara HO Kendari Turun Drastis
Periksaan suhu badan penumpang di pintu masuk Bandara HO Kendari. Foto: Dul/ Telisik

" Pergerakan penumpang, baik kedatangan maupun yang akan berangkat selama wabah virus COVID-19 terjadi penurunan yang sangat drastis, sebelumnya dalam sehari penumpang yang datang maupun yang akan berangkat hingga 1.800 orang, tapi sekarang tinggal sekitar 600 sampai 700 orang perhari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Humas Bandara Halu Oleo Kendari  Nurlansyah mengatakan, virus Corona atau COVID-19, membawa dampak cukup besar pada pemberangkatan dan  penurunan penumpang di Bandara Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Pergerakan penumpang, baik kedatangan maupun yang akan berangkat selama wabah virus COVID-19 terjadi penurunan yang sangat drastis, sebelumnya dalam sehari penumpang yang datang maupun yang akan berangkat hingga 1.800 orang, tapi sekarang tinggal sekitar 600 sampai 700 orang perhari," kata Nurlansyah saat ditemui telisik.id di kantornya Rabu (1/4/2020).

Nurlansyah juga menambahkan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona juga dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Halu Oleo Kendari di pintu kedatangan dan pemberangkatan. Setiap penumpang yang tiba maupun yang akan berangkat diperiksa dengan alat khusus pendeteksi suhu badan.

"Petugas yang melakukan pemeriksaan itu, dari Kementerian Kesehatan RI melalui KKP Halu Oleo Kendari dan tim yang bertugas sudah siap siaga di pintu kedatangan dan keberangkatan," katanya.

Kalau pun seandainya kata Nurlansyah, ada penumpang terindikasi, maka pihaknya akan hubungi rumah sakit rujukan untuk melakukan karantina atau isolasi.

Yaitu Rumah Sakit Bahteramas Kendari, yang telah menyediakan ruang khusus bagi pasien virus tersebut.

"Sejauh ini belum ada satupun di bandara, dari sejak ditetapkan darurat virus corona  sampai hari ini  terkait masalah virus COVID-19," tutup Nurlansyah.

 

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Baca Juga