Penerima Bansos PKH di Muna Barat Dapat Bantuan Beras

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Penerima Bansos PKH di Muna Barat Dapat Bantuan Beras
Penyerahan bantuan cadangan pangan pemerintah bagi 10.026 penerima bansos PKH. Foto: Ist.

" Hindari kerawanan kekurangan pangan dan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Muna Barat menyalurkan 100.260 kilogram beras di tiap kecamatan, bagi 10.026 warga "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Hindari kerawanan kekurangan pangan dan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Muna Barat menyalurkan 100.260 kilogram beras di tiap kecamatan, bagi 10.026 warga.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dalam pembagian beras tersebut Perum Bulog bekerja sama dengan PT Pos Indonesia, sehingga PT Pos Indonesia mengantarkan bantuan pangan itu hingga ke titik lokasi penyerahan yang telah ditentukan.

"Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan melakukan pengecekan kualitas bantuan pangan tersebut," ungkap Bahri, Selasa (20/6/2023).

Bahri menambahkan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dalam pengelolaan pangan salah satu upaya mewujudkan keterjangkauan pangan, baik dari aspek fisik maupun ekonomi.

Penyelenggaraan cadangan pangan ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pangan, kelebihan pangan, gejolak harga pangan dan keadaan darurat.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 4 Sudah Cair

Untuk itu, pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, tujuannya agar rumah tangga atau keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya.

Sehingga, salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat ialah melalui pemberian Bantuan Pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka mengatakan, sasaran penerima bantuan pangan telah ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional berdasarkan sumber data atau hasil keputusan rapat koordinasi Kementerian Sosial RI.

"Jadi ini ditentukan oleh pusat, jumlahnya mencapai 10.026 kartu keluarga untuk 11 kecamatan di Muna Barat," ungkapnya.

Baca Juga: 7 Bansos Ini Segera Cair Januari 2023

Dari jumlah penerima bantuan pangan yang telah ditetapkan oleh pusat yaitu merupakan penerima bantuan sosial PKH dan sembako yang tersebar di 11 kecamatan dan 86 desa/kelurahan yang ada di Muna Barat.

Penerima bantuan mendapat 10 kilogram beras per kepala keluarga, sehingga total keseluruhan adalah 100.260 kilogram.

Maka total secara keseluruhan Kabupaten Muna Barat tahun 2023 melalui tiga tahap yaitu periode Maret, April, dan Mei adalah 300.780 kilogram. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga