Penerima Bantuan Rumah Permanen di Kolaka Utara Menangis Terharu

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 11 April 2021
0 dilihat
Penerima Bantuan Rumah Permanen di Kolaka Utara Menangis Terharu
Penyerahan kunci rumah oleh Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH didampingi Komandan Kodim 1412. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Bantuan tersebut diberikan usai mendapat informasi dari Kepala Desa, Babinsa, dan Danramil terkait musibah kebakaran yang menimpa keluarga Colleng. Dan kebetulan tahun 2020 lalu, ada program bedah rumah dari Kodam XIV Hasanuddin sehingga melalui program tersebut keluarga Colleng dapat kembali menempati rumah baru. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Keluarga penerima bantuan rumah permanen di Desa Powalaa, Kecamatan Pakue Tengah, Kolaka Utara (Kolut), tak kuasa menahan tangis haru.

Bantuan yang diterima keluarga Bapak Colleng tersebut bukan hanya bangunan rumah saja, tetapi juga dengan perabot rumah tangga yang diberikan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin Kendari.

Keluarga Bapak Colleng bersimpuh menangis tak menyangka jika rumah berdiding papan miliknya yang tiga bulan lalu dilalap si jago merah pada 24 Desember 2020, kini terganti dengan rumah permanen tipe 36.

Komandan Kodim 1412 Kolaka, Koltim, dan Kolut, Letkol Inf. Risa Wahyu Pudji Setiawan, mengungkapkan, bantuan rumah yang diterima oleh keluarga Colleng merupakan program bedah rumah dari Kodam XIV Hasanuddin.

"Bantuan tersebut diberikan usai mendapat informasi dari Kepala Desa, Babinsa, dan Danramil terkait musibah kebakaran yang menimpa keluarga Colleng. Dan kebetulan tahun 2020 lalu, ada program bedah rumah dari Kodam XIV Hasanuddin sehingga melalui program tersebut keluarga Colleng dapat kembali menempati rumah baru," kata Komandan Kodim 1412, saat menyerahkan kunci rumah secara simbolis, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Wanita di Kendari Ditikam OTK, Pelaku Dalam Pengejaran

Lebih lanjut, ia menuturkan, selain batuan 2 unit rumah, Kodam XIV Hasanuddin juga membangun panti asuhan Santuri yang terletak di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua.

"Pembangunan panti asuhan ini bertujuan untuk membantu anak-anak yatim piatu yang tidak memiliki finansial, tapi memiliki potensi dan kemauan untuk berkembang. Nanti mereka akan ditempatkan di situ untuk didik dan dibantu dengan beasiswa, sehingga bisa mengeyam pendidikan yang layak," terangnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH, sangat mengapresiasi kerja Kodam XIV Hasanuddin yang ditindaklanjuti oleh Kodim 1412 Kolaka, Koltim, dan Kolut atas bantuan yang telah diberikan kepada warga Kolaka Utara.

"Kami dari pemerintah berterimakasih atas semua bantuan yang telah diberikan oleh pihak TNI untuk masyarakat Kolaka Utara. Tidak hanya bantuan pembangunan rumah, tapi juga pembangunan panti asuhan," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga