Penerimaan Bintara TNI AD 2021Telah Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Persyaratannya

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 20 Februari 2021
0 dilihat
Penerimaan Bintara TNI AD 2021Telah Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Persyaratannya
Penerimaan Bintara TNI AD TA 2021 telah dibuka. Foto: Repro jambiupdate.co.id

" Selain membuka penerimaan calon bintara, Angkatan Darat TNI juga telah membuka kesempatan bagi para pemuda terbaik seluruh Indonesia untuk menjadi calon tamtama dan Taruna Akademi Militer TNI AD. "

KENDARI, TELISIK.ID - Penerimaan bintara TNI AD Tahun 2021 telah dibuka, hal ini dalam rangka pemenuhan tenaga ahli pada organisasi TNI.

Selain membuka penerimaan calon bintara, Angkatan Darat TNI juga telah membuka kesempatan bagi para pemuda terbaik seluruh Indonesia untuk menjadi calon tamtama dan Taruna Akademi Militer TNI AD.

Seperti dikutip melalui laman rekrutmen.tni.id, berikut cara pendaftaran online penerimaan calon Bintara dan persyaratannya.

1. Cara mendaftar online Bintara PK TNI AD yakni melalui website penerimaan prajurit TNI yaitu di alamat http://rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

2. Setelah membuka alamat http://rekrutmen-tni.mil.id, Anda akan mendapati tiga kategori pendaftaran yaitu Tamtama, Bintara dan Taruna Akmil, pilihlah salah satu dari ketiga kategori tersebut.

3. Pilih tiga kategori sebelumnya, Anda akan masuk pada laman berikutnya dan terdapat tulisan "Login Peserta"  kemudian  masukkan email dan password. Kalau belum ada email silakan buat dulu.

4. Setelah masuk pada email, Anda akan memasukkan data-data sampai pada hasil mendapati formulir pendaftaran, setelah itu Cetak Printout formulir pendaftaran.

5. Datang ke Ajendam/Rem terdekat untuk melaksanakan daftar ulang (di luar tanggal yang telah ditentukan adalah tidak sah).

6. Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti kegiatan seleksi.

7. Ikuti tahapan seleksi yang telah diatur oleh Panda masing-masing.

8. Selama proses kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya apapun.

Selain itu, bagi calon yang belum memahami cara mendaftar melalui online dapat langsung datang ke tempat pendaftaran untuk mendapatkan penjelasan dari petugas pendaftaran bagaimana cara mendaftar dengan membawa persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Dilansir dari laman yang sama berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi para calon bintara:

1. Warga negara Indonesia

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945

4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia

5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Baca juga: Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama di Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini, Berikut Profilnya

Persyaratan lain

1. Pria dan/atau wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

2. Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata sebagai berikut:

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2017, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Provinsi Bali) dan minimal 38 untuk wilayah lainnya.

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018, nilai ujian nasional rata-rata minimal 39 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Provinsi Bali) dan minimal 37 untuk wilayah lainnya.

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40.5 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Provinsi Bali) dan minimal 38.5 untuk wilayah lainnya.

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40.5 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Provinsi Bali) dan minimal 38.5 untuk wilayah lainnya.

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) adalah 68 ujian nasional rata-rata akan ditentukan kemudian.

* Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021, nilai ujian nasional rata-rata akan ditentukan kemudian.

3. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.

4. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 25 September 2021.

5. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

6. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.

7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

8. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

* Administrasi

* Kesehatan

* Jasmani

* Mental ideologi    

* Psikologi.

Baca juga: Dua Bulan di Rutan, Habib Rizieq Shihab Ajari Napi Mengaji dan Salat

Persyaratan tambahan

1. Harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.

2. Orang yang ditunjuk sebagai wali dari yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan dari kecamatan.

3. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

4. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

5. Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. 

6. Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 

Persyaratan khusus

Memenuhi persyaratan Rik/Uji sesuai dengan ketentuan. 

Jadwal Seleksi

Reguler Pria

* Daftar online : mulai 1 Januari 2021

* Daftar ulang dan validasi : 16 - 26 Agustus 2021

* Pengecekan awal : 27 Agustus- 5 September 2021

* Parade dan pengumuman : 6 - 7 September 2021

* RIK/UJI : 12- 18 September 2021

* Pengumuman : 22 September 2021

* Pembukaan Pendidikan:  25 September 2021

Keahlian dan reguler wanita

* Daftar online: Mulai 1 Januari  2021

Daftar ulang dan validasi: 12 - 23 Juli 2021

Pengecekan awal: 26 JuliS - 5 Agistus 2021

RIK/UJI: 31 Agustus -  6 September 2021

Pengumuman: 10 September 2021

Pembukaan pendidikan: 25 September 2021. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga