Penerimaan CPNS 2021 Terbanyak Sepanjang Sejarah Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 18 Mei 2021
0 dilihat
Penerimaan CPNS 2021 Terbanyak Sepanjang Sejarah Indonesia
Peserta tes CPNS sedang mengikuti ujian. Foto: Repro google.com

" Sebenarnya tahun ini memang tahun berat. Jujur saja kami sampaikan tahun berat. Karena ini penerimaan besar-besaran yang kita lakukan. Dan ini sejarah sepanjang republik ini ada di dalam proses penerimaan calon ASN. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan, penerimaan aparatur sipil negara (ASN) 2021 sangat banyak sepanjang sejarah Indonesia.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengaku bahwa tahun ini cukup berat. Pasalnya, tahun ini penerimaan pegawai ASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK sangatlah banyak.

“Sebenarnya tahun ini memang tahun berat. Jujur saja kami sampaikan tahun berat. Karena ini penerimaan besar-besaran yang kita lakukan. Dan ini sejarah sepanjang republik ini ada di dalam proses penerimaan calon ASN,” katanya dalam konferensi persnya, dikutip dari okozone.com, Kamis (8/4/2021).

Dia menyebutkan bahwa untuk formasi PPPK guru saja tahun ini ditargetkan mencapai 1 juta. Meskipun hingga kini angkanya belum mencapai 1 juta formasi.

“Walaupun formasinya sampai sekarang yang mengusulkan belum sampai 1 juta. Tapi jumlah yang sampai 700 ribuan itu, merupakan jumlah yang sangat besar yang belum pernah dilakukan oleh pemerintah di dalam proses seleksi selama ini,” ungkapnya.

Baca juga: Ingin Daftar CPNS 2021, Kenali Dulu Beda PNS dan PPPK

Baca juga: Pemerintah Dinilai Gagal Jalankan Larangan Mudik

Selain PPPK guru, tambah Suharmen, juga ada PPPK untuk non guru. Kemudian ada juga formasi CPNS yang di dalamnya melalui jalur umum dan sekolah kedinasan.

“BKN Menpan dan Panselnas berhati-hati mengatur penjadwalan agar tidak terjadi penumpukan jadwal di dalam proses pelaksanaan seleksi,” pungkasnya.

Sementara itu, pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2021 rencananya akan dimulai pada akhir Mei 2021.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Andi Rahadian mengatakan, waktu pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK masih bersifat tentatif.

Namun tidak menutup kemungkinan akan dibuka pada 30 Mei 2021.

"Tanggal itu (30 Mei untuk pendaftaran) betul adanya, karena memang sebagai informasi awal agar rekan-rekan di daerah bisa terinfo untuk antisipasi," ujar Andi Rahadian dikutip dari Kompas.com. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga