Penerimaan Maba Unidayan Pasarwajo Lampui Target

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 31 Juli 2024
0 dilihat
Penerimaan Maba Unidayan Pasarwajo Lampui Target
Mahasiwa baru kelas pengembangan Unidayan Pasarwajo (kanan) dan Ketua Yayasan Pendidikan Nabawiah, Zain Narsal (kiri). Foto: Ist.

" Unidayan yang merupakan kampus pengembangan Pasarwajo dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Buton, tahun ini jumlah pendaftar melampaui target "

BUTON, TELISIK.ID — Universitas Dayanu Ikhsanudin atau yang dikenal dengan nama Unidayan, Kampus Pengembangan Pasarwajo, kembali menyelenggarakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Unidayan yang merupakan kampus pengembangan Pasarwajo dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Buton, tahun ini jumlah pendaftar melampaui target.

Ketua Yayasan Pendidikan Nabawiah, Zain Narsal mengatakan, untuk tahun ini, total pendaftar mahasiswa baru yang masuk  di Unidayan Kampus Pengembangan Pasarwajo berjumlah 170 pendaftar.

“Sesuai dengan target kami di tahun 2024 ini kami menarget untuk penerimaan mahasiswa baru secara keseluruhan 150 mahasiswa dan alhamdulillah yang sudah mengambil formulir sekitar 170 orang namun yang mengembalikan formulir baru 120,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Nabawiah, Zain Narsal, Rabu (31/7/2024).

Lanjut dia yang sudah positif dan yang serius untuk berkuliah di Unidayan Pasarwajo 120 orang. Untuk pendaftarannya dibuka sampai 31 Agustus 2024.

Untuk jurusannya sendiri lanjut dia lagi, awalnya ada 5 jurusan dan sekarang tambah tiga jurusan. Adapun jurusan-jurusannya hukum, bahasa Inggris, Informatika, akuntansi dan administrasi negara dan ditambah lagi tiga yakni matematika, kesmas dan sejarah.

Baca Juga: Beredar Rumor Program Kampus Merdeka Belajar Bakal Distop

“Yang paling favorit itu jurusan informatika, hari ini yang mendaftar mencapai 50 orang,” bebernya.

Dia juga mengatakan, tahun ini angkatan keempat dan secara keseluruhan di tahun 2024, jumlah mahasiswa Unidayan Kampus Pengembangan Pasarwajo sudah mencapai angka 350 orang.

Kampus Unidayan Pasarwajo juga mengupayakan agar para mahasiswa dapat menerima beasiswa Indonesia Cerdas dan beasiswa yang berasal dari pemerintah daerah.

Pihak Yayasan Nabawiah saat ini telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana diantaranya, 8 RKB yang sebagian besar sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai dengan kursi yang nyaman, fasilitas infokus, bangunan masjid, sarana olahraga lapangan futsal, tenis meja, lapangan olahraga volly ball, pelataran parkir yang luas, jaringan wifi gratis, di ruang-ruang kuliah dilengkapi dengan kipas angin.

“Adik-adik mahasiswa, calon mahasiswa yang ingin kuliah jangan ragu, tinggal menikmati fasilitas yang ada pilihannya modern, sesuai standar ruang belajar  bahkan khusus para pekerja kantoran baik itu pemerintah daerah maupun swasta jika memungkinkan akan dibukakan kelas khusus,” tandasnya lagi.

Untuk tenaga pengajar awal-awal memang dari Baubau namun saat ini sudah banyak pengajar dosen lokal, berimbang dengan tenaga pengajar luar daerah.

Sekretaris BPKAD Sultra ini juga mengatakan biaya pendidikan Rp 2 juta per semester dan uang bangunan Rp 3.000.000, bisa diangsur.

Iapun mengucapkan terima kasih bagi orang tua yang menyekolahkan anak anaknya di Unidaya Kampus pengembangan Pasarwajo.

Baca Juga: Wujudkan PTN Berkualitas, UHO Kendari Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Untuk itu ia juga mengajak agar para adik-adik yang sudah tamat SMA untuk memilih Unidayan Pasarwajo untuk melanjutkan pendidikannya, banyak kemudahan utamanya untuk orang tua sudah tidak berbagi dapur lagi.

Kemudian kata dia lagi dengan jumlah mahasiswa 350 orang, jika dibiayai 1 juta per orang maka setiap bulan berarti sudah bisa menghemat Rp 350 juta. Jadi uang Rp 350 juta bisa berputar di wilayah ibu kota Kabupaten Buton.

Kemudian memberi peluang-peluang usaha baru bagi masyarakat yang berada di sekeliling, baik rumah kos, ojek, usaha rumah makan. Dengan adanya mahasiswa otomatis UMKM tumbuh, kalau mau nongkrong sore-sore ada alternatif, letter Buton, di Kali Biru dan tempat lainnya.

“Intinya hadirnya Unidayan Pasarwajo,  membantu masyarakat dan pemerintah untuk menumbuhkan ekonomi kita,” pungkasnya. (C)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga