Pengakuan Saksi, Sumber Api di Pasar Laino dari Percikan Kabel Listrik

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 06 Juni 2020
0 dilihat
Pengakuan Saksi, Sumber Api di Pasar Laino dari Percikan Kabel Listrik
Fardin La Ode, salah satu saksi mata kebakaran di Pasar Sentral Laino. Foto: Ist.

" Saat satu unit mobil pemadam tiba, baru counter HP yang terbakar. Pak Haji bilang dibakar. Saya bilang, jangan sembarang bicara, dari kabel ini. "

MUNA, TELISIK.ID - Misteri penyebab terbakarnya 628 kios pedagang di Pasar Sentral Laino, Kabupaten Muna, mulai terkuak setelah video salah seorang saksi mata tersebar di jejaring Media Sosial (Medsos).

Dalam video berdurasi tiga menit itu,  Fardin La Ode, salah satu saksi mata membeberkan, sumber api berasal dari percikan kabel listrik yang berada di dekat counter handphone (HP) di sebelah Timur yang membakar dus-dus.

Kala api mulai menyala saat hujan gerimis, ia sempat mendekat untuk memadamkan. Namun, ia malah tersetrum.

Api pun terus membesar. Ia berusaha mencari pertolongan. Namun, tak satu orang pun yang dilihat. Ia lalu memacu kuda besinya menuju kantor Pemadam Kebakaran (Damkar).

Baca juga: Pasar Laino Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Miliar

"Saat satu unit mobil pemadam tiba, baru counter HP yang terbakar. Pak Haji bilang dibakar. Saya bilang, jangan sembarang bicara, dari kabel ini," katanya.  

Kendati demikian, Polres Muna hingga saat ini belum bisa memastikan secara pasti penyebab kebakaran. Aparat kepolisian terus melakukan penyelidikan.

"Masih terus didalami dengan memeriksa saksi-saksi yang melihat langsung," singkat Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga