Pengaruh Elektabilitas Debat Ketiga Capres 2024 hingga Jadi Sorotan Media Asing

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 08 Januari 2024
0 dilihat
Pengaruh Elektabilitas Debat Ketiga Capres 2024 hingga Jadi Sorotan Media Asing
Debat ketiga ternyata tak berpengaruh signifikan pada elektabikitas capres 2024. Foto: Harianterbit.com

" Debat sengit yang dilakukan oleh ketiga capres 2024 berlangsung dengan baik yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1/2023) malam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Debat sengit yang dilakukan oleh ketiga capres 2024 berlangsung dengan baik yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1/2023) malam.

Persaingan debat capres nomor 1 dan 2 berlangsung hingga acara usai, bahkan Prabowo Subianto nampak tak menyalami Anies Baswedan. Nampak pula para pendukung masing-masing calon tetap menjagokan idolanya. Namun, usai debat seperti apakah elektabilitas masing-masing capres?

Dilansir dari Merdeka.com, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan hasil ekspresi data terhadap elektabilitas ketiga calon presiden berdasarkan hasil debat ketiga.

Baca Juga: Infografis: Panas Prabowo-Anies di Debat Ketiga Capres

Debat capres ketiga tersebut mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Hasil survei dilakukan Denny JA itu menunjukkan bahwa elektabilitas calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto masih unggul dari penantangnya Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan, elektabilitas Prabowo tersebut sama dengan sebelum debat capres ketiga dari hasil survei dilakukan LSI Denny JA maupun Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada akhir Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei LSI Denny pada Desember 2023 atau sebelum debat capres ketiga, Denny mengatakan bahwa dukungan kepada prabowo sebesar 43,3 persen. Diikuti Anies Baswedan dengan Muhaimin di nomor kedua dengan elektabiliast 25,3 persen. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo 22,9 persen

Selain menjadi salah satu masyarakat Indonesia, rupanya debat tersebut juga mendapat sorotan dari luar negeri. Sejumlah media asing terlihat turut memberitakan aksi panggung ketiga calon.

Media Singapura The Straits Times, menyorot salah satu topik tentang Laut China Selatan yang diangkat dalam salah satu pembahasan di debat capres 2024 tersebut.

Baca Juga: Visi Misi Capres: Ganjar Bidik Reformasi Kepolisian, Anies Hapus Penjajahan Dunia, Prabowo Perkuat Persenjataan Militer

"Tiga calon presiden Indonesia bergulat dengan topik Laut China Selatan, peran kelompok regional ASEAN dalam menjaga perdamaian di perairan tersebut, dan isu-isu pertahanan, kebijakan luar negeri, dan etika lainnya dalam debat ketiga mereka pada tanggal 7 Januari," tulis The Straits Times dalam artikel bertajuk "South China Sea, Asean among topics discussed at Indonesia’s third presidential debate" dikutip dari Liputan6.com

Media Amerika Serikat Bloomberg, juga memuat isu debat capres-cawapres Indonesia tersebut, melalui artikel bertajuk "Indonesian Presidential Contenders Spar on Defense, Foreign Debt", menyorot perihal utang luar negeri.

"Para calon presiden Indonesia berdebat mengenai berbagai isu mulai dari risiko utang luar negeri hingga penyelesaian sengketa Laut China Selatan dalam debat yang disiarkan televisi pada Minggu malam, debat ketiga menjelang pemilu pada bulan Februari," tulis Bloomberg. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga