Pengelolaan Aset Amburadul, Kendaraan Dinas Banyak Dikuasai Mantan Pejabat

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Pengelolaan Aset Amburadul, Kendaraan Dinas Banyak Dikuasai Mantan Pejabat
Mantan Ketua DPRD Muna Barat, La Ode Koso dan Kepala BKPAD, Ali Imran. Foto: Ist.

" Pengelolaan aset di Muna Barat dinilai carut-marut. Khusus aset bergerak, masih banyak dikuasai mantan pejabat "

MUNA, TELISIK.ID - Pengelolaan aset di Muna Barat dinilai carut-marut. Khusus aset bergerak, masih banyak dikuasai mantan pejabat.  

Jangankan pejabat setingkat esalon II dan III, Pj bupati saja sampai saat ini belum menggunakan kendaraan dinas (randis). Fenomena yang terjadi itu menuai reaksi dari mantan Ketua DPRD Muna Barat, La Ode Koso.

Koso sangat menyayangkan, sebagai daerah otonomi baru (DOB), pengelolaan aset amburadul. Hal tersebut tentunya akan bedampak pada penilaian Badan Pameriksa Keuangan (BPK). Karena itu, seluruh aset baik bergerak maupn tidak bergerak harus ditertibkan.

"Jangan dianggap sepele persoalan aset," kata Koso, Selasa (31/5/2022).

Ketua DPD PAN Muna Barat itu mengaku heran, bila fasilitas buat Pj bupati seperti rumah jabatan (rujab) dan randis yang sejak awal tidak dipersiapkan. Ini bukti bahwa Pemerintah Kabupaten menyepelekan sesuatu yang dianggap kecil, tetapi menjadi perbincangan hangat di kalangan publik.

Baca Juga: Akhiri Tugas, Ketua MUI Manggarai: Islam Harus Tampil di Tengah Kerukunan

"Kita bicara bukan melihat Pak Bahri-nya, tapi sebagai Pj bupati. Harusnya pemkab cepat tanggap. Kasihan, daerah kita malu, Pj bupati tinggal di rumah keluarga dan meminjam kendaraan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna Barat, Ali Imran mengaku telah mendapat perintah dari Sekda, Husein Tali, untuk menertibkan aset.

Baca Juga: Sukseskan Program Pembangunan Buton Utara, Ini Tugas UHO Sebagai Tim Pendamping

"Sudah ada perintah dari Pak Sekda. Hanya saat ini posisi Pak Sekda di luar daerah, makanya tinggal menunggu arahan selanjutnya," singkat Ali Imran. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga