Pengemis Musiman Bermunculan di Kendari Saat Ramadan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 10 Mei 2020
0 dilihat
Pengemis Musiman Bermunculan di Kendari Saat Ramadan
Gepeng yang menunggu para pemberi donasi di jalan protokol di Kota Kendari. Foto: Dul/Telisik

" Kami rutin razia bersama dalam menertibkan pengemis yang berada di sejumlah ruas jalan. Bahkan dari bulan lalu hingga saat ini tiap hari anggota patroli pagi sore sampai malam hari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gelandangan dan pengemis (gepeng) musiman mulai bermunculan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama bulan Ramadan dan di tengah pemberlakuan social distancing  pandemi Corona atau COVID-19.

Berdasarkan pantauan telisik.id, Minggu (10/05/2020), gepeng yang datang ke Kendari itu mangkal di sepanjang Jalan Drs. H Abd Silondae, Jalan Ahmad Yani dan Syeh Yusuf.

Mayoritas merupakan wanita yang menggendong anaknya sambil membawa karung atau gerobak dan duduk di trotoar jalan-jalan protokol Kota Kendari.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kendari, Amir Hasan mengakui adanya keberadaan gepeng dadakan.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan Polres Kendari untuk melakukan razia bersama.

Baca juga: Kapal Rusak Mesin, Empat Orang Nelayan Hilang di Laut Morowali

"Kami rutin razia bersama dalam menertibkan pengemis yang berada di sejumlah ruas jalan. Bahkan dari bulan lalu hingga saat ini tiap hari anggota patroli pagi sore sampai malam hari,” kata Amir

Bukan hanya gepeng, anak jalanan tak luput dari pantauan. Sejauh ini pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terhadap kemunculan para gepeng dadakan tersebut selama bulan suci Ramadan.

“Seluruh wilayah Kota Kendari kami sudah petakan, terkhusus setiap lampu merah. Kami akan turun lagi," tegasnya Amir.

Bagi gepeng yang kedapatan dalam razia, pihaknya tidak akan segan untuk melakukan penindakan untuk kemudian digiring di Kantor Satpol PP untuk mendapatkan pembinaan.

“Kalau sudah dibina awal, mereka kami serahkan ke Dinsos untuk didata dan dibina lanjutan,” ungkapnya.

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

TAG:

Pengamen

Artikel Terkait
Baca Juga