Pengguna Situs Jual Beli Kini Bisa Belanja Kebutuhan Harian Secara Online
Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Ilustrasi aplikasi jual beli online. Foto: Repro google.com
" Kami akan terus menambahkan wilayah lainnya agar kemudahan ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. "
JAKARTA, TELISIK.ID - Tak mau ketinggalan dengan marketplace lainnya, Tokopedia kini mengembangkan usahanya dengan layanan bernama Tokomart.
Tokomart ini merupakan halaman khusus yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk permudah masyarakat membeli kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat. Saat ini, Tokomart baru hadir di Jabodetabek dan Bandung.
Merchant Development Senior Lead Tokopedia Hartawan Lesmana mengatakan, sepanjang tahun lalu kategori F&B menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia, dengan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.
Produk seperti telur, ikan, mi instan, teh, madu, dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat.
“Tingginya antusiasme masyarakat mendorong kami untuk menghadirkan Tokomart. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat usaha di Indonesia mulai dari Hypermart, LotteMart, Sayurbox, hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri, untuk menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman Tokomart,” kata Hartawan dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (3/3/2021).
Kata dia, layanan ini juga didukung dengan teknologi geo-tagging, sehingga para pemilik usaha dapat menjangkau masyarakat dengan lebih cepat, karena teknologi tersebut memprioritaskan penjual terdekat dari domisili pembeli.
Para pemilik usaha yang dapat bergabung di Tokomart adalah mereka yang menjual kategori makanan dan minuman, serta kesehatan dan kecantikan.
Baca juga: Ini Kriteria Rumah Bebas Pajak PPN
Pada fase pertama, inovasi teranyar ini baru bisa dirasakan untuk pengguna yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung.
“Kami akan terus menambahkan wilayah lainnya agar kemudahan ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.
Ia menambahkan, untuk mendongkrak transaksi, pihaknya mengadakan program promosi berbentuk cashback, diskon, dan gratis ongkir.
Dikutip dari Dailysocial.id, sebelum Tokopedia yang spesifik masuk ke segmen groceries ini, sudah dirambah secara serius oleh perusahaan e-commerce lainnya, seperti Blibli dan JD.id.
Terdapat pula, Gojek dan Grab. Mereka bekerja sama dengan brand FMCG, supermarket, convenience store, dan pemilik warung untuk perluas cakupan. Bahkan kompetitor terdekat Tokopedia, Shopee juga sudah merilis Shopee Mart.
Blibli misalnya, mengembangkan BlibliMart sejak 2018 untuk mengakomodasi kebutuhan belanja sehari-hari, sekaligus mengantisipasi pergeseran gaya belanja online.
Di Blibli, kategori tersebut terkuat kedua, setelah elektronik untuk tingkat pesanan dan GMV. Sejak tahun lalu, Blibli merilis fitur langganan di BlibliMart. (C)
Reporter: Marwan Azis
Editor: Fitrah Nugraha