adplus-dvertising

Pengungsi Letusan Semeru Direlokasi, KSAD: TNI Siap Bantu

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 13 Desember 2021
593 dilihat
Pengungsi Letusan Semeru Direlokasi, KSAD: TNI Siap Bantu
KSAD Jendral Dudung di lokasi pengungsian di Lumajang. Foto: Ist.

" KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan akan mengerahkan personel TNI untuk membantu relokasi pengungsi korban letusan Semeru "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan akan mengerahkan personel TNI untuk membantu relokasi pengungsi korban letusan Semeru.

“Saya mengecek sejauh mana tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh Satuan TNI-AD, baik Kodam Brawijaya maupun Kostrad. Pengungsi betul-betul terlayani. Saya mendapat laporan dari Bupati, rencana ada relokasi,” ujar Jenderal TNI Dudung di lokasi pengungsi yang berada di Lapangan Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Senin (13/12/2021).

Mantan Pangkostrad itu menyebut, terdapat tiga kampung yang akan direlokasi. Beberapa tempat pun, sudah dipersiapkan selama proses relokasi tersebut.


“Tempatnya sudah ada. Kemudian, kami tadi cek kesiapan Angkatan Darat untuk relokasi itu sendiri. Secara personel maupun materiil kita sudah siap. Tinggal nunggu Komando dari Bupati,” tegasnya.

Baca Juga: Relawan dari Penjuru Indonesia Berdatangan Bantu Korban Erupsi Semeru

KSAD pun mengapresiasi adanya wacana relokasi terhadap para pengungsi tersebut. Pasalnya, keberadaan pengungsi di posko pengungsian yang memakan waktu cukup lama, dinilai bisa berdampak pada kesehatan.

Baca Juga: Korupsi Masih Tinggi, KPK Libatkan Pemda Berantas Korupsi

“Karena memang ini, harus segera. Sehingga kalau terlalu lama di pengungsian tidak bagus untuk kesehatan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rencana relokasi warga yang tinggal di sekitar Gunung Semeru kian mendekati kenyataan. Pemerintah menyiapkan tiga lokasi alternatif di Lumajang. Semuanya lahan milik Perhutani.

Tiga lokasi itu masing-masing berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo; Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro; dan Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga