Pengurus Muhammadiyah Ikut Daftar Calon Anggota DPD RI, Perjuangkan 3 Sektor Ini

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
Pengurus Muhammadiyah Ikut Daftar Calon Anggota DPD RI, Perjuangkan 3 Sektor Ini
Rafdinal ketika memberikan keterangan usia mendaftar sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Ustadz Rafdinal sekaligus pengurus Muhammadiyah Kota Medan mendaftar sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Kantor KPU daerah setempat, Sabtu (13/5/2023) siang "

MEDAN, TELISIK.ID - Ustadz Rafdinal sekaligus pengurus Muhammadiyah Kota Medan mendaftar sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Kantor KPU daerah setempat, Sabtu (13/5/2023) siang.

Dosen dan guru itu mengaku terang untuk menjadi anggota DPD RI dikarenakan aspirasi dari masyarakat dan juga rekannya dari guru, dosen atau pengurus serta kader Muhammadiyah.

"DPD ini kan lembaga yang sebenarnya dibentuk untuk mewakili atau sebagai lembaga aspirasi daerah dengan pemerintah pusat, karena itu sebagai lembaga yang punya peran untuk menguatkan pembangunan di daerah dan pemerintahan di tingkat pusat. Aspirasi dari seluruh masyarakat pasti akan saya sampaikan dan mudah-mudahan dikawal dan direalisasikan," kata Ustaz Rafdinal.

Baca Juga: Andi Sumangerukka Nyaleg DPR RI Gunakan PPP

Guru madrasah itu terpanggil ingin ikut membangun daerah lewat jalur independen ini. Tujuannya, agar tidak ada intervensi dari pihak lainnnya.

"Kita harapkan dengan lembaga DPD, kita bisa lebih cepat berkomunikasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Kami juga bisa menyampaikan apa sebenarnya menjadi keinginan masyarakat kepada pemerintah. Itu sebenarnya menjadi misi atau visi saya ikut dalam pencalonan dalam DPD ini," ucapnya.

Namun, Rafdinal mengaku kursi DPD tidak sekuat dengan lembaga legislatif. Namun, ada kewenangan yang membuat DPD tetap melakukan pengawasan terhadap Undang-Undang.

"Walaupun sebenarnya kita memahami juga bahwa DPD sebagai sebuah lembaga, tidak sekuat DPR. Tapi tetap saja sebagai lembaga yang punya kewenangan dalam hal-hal tertentu. Selain itu, masyarakat ini kan heterogen, terdiri dari berbagai etnis, suku, agama dan sebagai wakil rakyat dalam lembaga seperti ini, kita punya peran yang besar juga untuk memperjuangkan aspirasi daerah," terangnya.

Bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial menjadi target untuk diperjuangkan. Sebab, Rafdinal selama ini melihat bahwa ketiga sektor itu harus dibenahi.

Baca Juga: Calon Anggota DPD RI Termuda Ini Bertekad Ciptakan Terobosan untuk Masyarakat

"Selama ini kan saya bergerak di 3 bidang itu, ini menjadi hal yang sangat penting. Nah selama ini kan masih banyak masyarakat daerah yang dulunya belum terakomodir oleh pemerintah, baik si daerah maupun di pusat. Nah peran kita kan bisa menjembatani kedua itu, pemerintah daerah dan pusat, itulah makanya kita ikut. Mari bersama-sama berjuang," terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Sumatera Utara, Herdensi mengaku sudah menerima pendaftaran bakal calon DPD RI, Rafdinal.

"Tim verifikasi akan memeriksa berkas calon dan pencalonan itu. Pemeriksaan dilakukan sejak 15 sampai 23 Mei 2023. Jika dalam proses verifikasi itu, ada yang berkas yang belum memenuhi syarat. Maka kami akan mengembalikan berkas itu kepada bakal calon untuk dilakukan perbaikan," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga