Pengurusan Akta Kelahiran Melonjak, KIA Lampaui Target

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
0 dilihat
Pengurusan Akta Kelahiran Melonjak, KIA Lampaui Target
Warga mengurus akta kelahiran di Disdukcapil Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna mengalami lonjakan tajam. Setiap harinya, masyarakat selalu antre mengurus dokumen kependudukan itu. "

MUNA, TELISIK.ID - Pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna mengalami lonjakan tajam. Setiap harinya, masyarakat selalu antre mengurus dokumen kependudukan itu.

"Pengurusan akta kelahiran yang melonjak adalah usia dibawah 18 tahun," kata Kadis Dukcapil Muna, La Ode Abdul Kadir, Selasa (6/7/2021).

Pelayanan penerbitan akta kelahiran akan terus digenjot agar target 95 persen bisa tercapai hingga akhir tahun nanti. Hingga saat ini, capaian penerbitan akta kelahiran sudah 80,4 persen.

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Kota Baubau Terus Meningkat, 82 Orang Masih Dirawat

Baca juga: Masuk Triwulan Ketiga, Insentif Guru GTT Mubar Belum Cair

"Kita optimis di akhir tahun, target 95 persen bisa tercapai," yakinnya.

Di sisi lain, hingga medio Juli ini, Disdukcapil telah mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) melampaui target 30 persen yang ditetapkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini, capaian pencetakan KIA sudah sekitar 33,46 persen.

"Kita target hingga akhir tahun sampai 40 persen," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga