Penjelasan PVMBG Munculnya Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang

Merdiyanto , telisik indonesia
Sabtu, 20 April 2024
0 dilihat
Penjelasan PVMBG Munculnya Kilatan Petir Erupsi Gunung Ruang
Erupsi Gunung Ruang disertai kilatan petir yang berada di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara. Foto: Repro Tirto.id

" Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan fenomena munculnya kilatan petir di puncak Gunung Ruang saat erupsi "

SITARO, TELISIK.ID - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, baru-baru ini mengalami erupsi dan sempat memunculkan kilatan petir. Banyak warganet yang bertanya-tanya tentang penyebabnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan fenomena munculnya kilatan petir di puncak Gunung Ruang saat erupsi.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, menurut PVMBG, petir yang muncul di Gunung Ruang saat terjadi erupsi akibat tingginya suhu yang memanaskan ion-ion gas.

Tingginya suhu mengakibatkan loncatan listrik sehingga terjadi kilatan petir di Gunung Ruang. Fenomena munculnya petir saat erupsi gunung berapi merupakan sesuatu yang lumrah terjadi.

Baca Juga: Petir Bukan Sekedar Fenomena Alam, Ini Maknanya

Adapun kilatan petir yang terjadi di Gunung Ruang disebut sebagai fenomena petir vulkanik. Munculnya fenomena ini sebenarnya tidak berbeda dengan mekanisme petir biasa.

Mengutip dari situs resmi Bpbd.jogjaprov.go.id, mekanisme petir biasa muncul dari awan cumulonimbus, sedangkan kilatan petir pada erupsi gunung berapi awan cumulonimbus tergantikan oleh awan kumpulan uap air, debu, abu serta partikel vulkanik lainnya yang secara massif menyembur ke udara.

Baca Juga: Meletus 80 Kali Dalam Sejarah, Ini Mitos Sosok Ghaib Muncul Setiap Erupsi Gunung Merapi

Perlu diketahui petir vulkanik, masih menjadi perdebatan mengenai perantara yang memisahkan partikel yang melalui proses ionisasi dan petir vulkanik ini tidak terjadi secara langsung.

Sebelum terjadi kilatan petir harus terionisasi dengan memisahkan elektron yang terikat dengan partikel melalui proses perantara energi suatu masa.

Demikian penjelasan PVMBG mengenai petir yang terjadi saat erupsi Gunung Ruang yang diperbincangkan warganet. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga