adplus-dvertising

Penjual Es Diduga Hacker Bjorka Ditangkap, BIN dan Menkopolhukam Turun Tangan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 15 September 2022
2556 dilihat
Penjual Es Diduga Hacker Bjorka Ditangkap, BIN dan Menkopolhukam Turun Tangan
Pemuda diduga sebagai hacker Bjorka diamankan Tim Cyber Mabes Polri. Pemuda berinisial MAH (21) ini diamankan di Kabupaten Madiun. Foto: Twitter

" Pemuda diduga sebagai hacker Bjorka diamankan Tim Cyber Mabes Polri. Pemuda berinisial MAH (21) ini diamankan di Kabupaten Madiun "

MADIUN, TELISIK.ID - Pemuda diduga sebagai hacker Bjorka diamankan Tim Cyber Mabes Polri. Pemuda berinisial MAH (21) ini diamankan di Kabupaten Madiun. 

Meski belum ada konfirmasi kepastian terkait penangkapan pemuda tersebut sebagai Bjorka, namun hingga Kamis (15/9/2022), terduga masih menjalani pemeriksaan intensif dan tertutup di Mapolsek Dagangan oleh petugas yang sesuai informasi adalah tim siber dari Mabes Polri.

Pemuda yang diketahui lahir pada 16 juni 2001 tersebut, berprofesi sebagai penjual es di pinggir jalan raya Desa Pintu Kecamatan Dagangan Madiun.


"Saat ini untuk Timsus yang dibentuk pak Menko Polhukam, terdiri dari Menko Polhukam, kemudian dari Polri, dari BIN, kemudian dari Kemenkominfo, kemudian BSSN masih bekerja. Tentunya apa yang dilakukan nanti akan disampaikan lebih lanjut oleh Timsus," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri dilansir dari detik.com.

Baca Juga: Ternyata Begini Sosok Hacker Bjorka, Peretas Misterius yang Serang Jokowi

Baca Juga: Haru, Habib Bahar Temui Habib Rizieq Usai Bebas dari Penjara

"Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya Timsus ini," imbuhnya.

Melansir CNNIndonesia.com, Bjorka sudah "bermain" di ruang digital Indonesia selama beberapa pekan, dan sejauh ini baru tiga petunjuk yang dapat menjelaskan sosok peretas ini.

Bjorka sendiri populer lewat serangkaian aksinya di ruang digital Indonesia, mulai dari kebocoran data Indihome, kebocoran 1,3 miliar data registrasi SIM Card, doxing pada sejumlah pejabat publik, hingga komentar-komentar lewat akun Twitter dan Telegramnya.

Hacker tersebut antara lain sudah meretas data pribadi milik Menkominfo, Johnny G. Plate; Ketua DPR, Puan Maharani; Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menkopolhukam, Mahfud MD; dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Selain itu ada pula data milik dua aktivis politik media sosial, Denny Siregar dan Abu Janda alias Permadi Arya yang menjadi sasarannya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga