Pentingnya Literasi Keuangan Digital bagi UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Siti Nabila, telisik indonesia
Kamis, 11 Juli 2024
0 dilihat
Pentingnya Literasi Keuangan Digital bagi UMKM dan Ibu Rumah Tangga
Imam Adicipta Nusantoro, saat memberikan materi terkait manajemen keuangan. Foto: Nabila/Telisik

" Pelaku UMKM dan ibu rumah tangga sangat penting melakukan perencanaan keuangan. Saking pentingnya, diperlukan edukasi tentang literasi keuangan yang memadai "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaku UMKM dan ibu rumah tangga sangat penting melakukan perencanaan keuangan. Saking pentingnya, diperlukan edukasi tentang literasi keuangan yang memadai.

Junior Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kantor OJK Provinsi Sultra, Imam Adicipta Nusantoro mengatakan, mayoritas pengelolaan keuangan keluarga dilakukan oleh ibu rumah tangga.

"Peran ibu rumah tangga sebagai pengelola keuangan keluarga sangat memengaruhi kemampuan keluarga dapat bertahan atau terpuruk saat menghadapi persoalan keuangan. Contohnya kekurangan uang, adanya kelebihan uang, maupun dikarenakan ketidaktahuan dalam mengatur keuangan," jelasnya, Rabu (10/7/2024).

Selanjutnya Imam menuturkan, dalam menopang pertumbuhan perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran penting karena dapat membuka kesempatan kerja sehingga menyerap banyak pekerja.

"Kontribusinya untuk PDB Indonesia sekitar 61 persen berdasarkan data Kementerian Koperasi dan juga kontribusi terhadap ekspor, jadi peranan UMKM sangat penting," tambahnya.

Baca Juga: Indonesia Berpotensi jadi Pusat Ekonomi Syariah Global, Deputi Gubernur BI: Ini 4 Tantangan yang Harus Dihadapi

Iman menegaskan, mempertimbangkan perannya yang begitu penting, segmen UMKM dan perempuan perlu dibekali dengan keterampilan literasi keuangan dalam menghadapi tantangan keuangan yang semakin kompleks.

"Ibu-ibu ini sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Perlu kita bedakan antara kebutuhan yang sifatnya konsumtif dan produktif artinya harus pintar membedakan antara kebutuhan dan keinginan," jelasnya.

Baca Juga: Harga Cukai Rokok 2025 Naik Segini, Mulai dari Marlboro hingga Sampoerna Makin Tak Terjangkau

Dan kepada UMKM dan IRT Imam menambahkan, manfaat literasi keuangan digital salah satunya ialah memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan.

Salah seorang pelaku UMKM, Devi Nurfadillah mengaku merasakan kemajuan yang sangat mendalam ketika bisa memanfaatkan internet untuk penggunaan teknologi dalam bisnisnya.

"Selama ada internet usaha saya jauh lebih dikenal, manfaat lain seperti metode pembayaran transaksi, yang dulunya hanya terima orderan langsung artinya orang datang langsung ke toko, sekarang bisa juga lewat online, bayarnya juga bisa lewat online," tutupnya. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga