adplus-dvertising

Penuhi Janji pada Warga, Jalan Lantowonua Mulai Diaspal

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 02 Desember 2021
1706 dilihat
Penuhi Janji pada Warga, Jalan Lantowonua Mulai Diaspal
Penimbunan jalan Lantowonua, Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Bombana akhirnya memenuhi janjinya untuk melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan Desa Lantawonua dan beberapa kelurahan di Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana akhirnya memenuhi janjinya untuk melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan Desa Lantawonua dan beberapa kelurahan di Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah.

Untuk diketahui, warga Desa Lantowonua, Kecamatan Rumbia, melakukan unjukrasa di Kantor Bupati Bombana Senin 27 Juli 2020 lalu dengan tuntuan agar pemerintah melakukan perbaikan jalan di desa mereka.

Saat itu, Sekretaris Daerah Man Arfa bersama Kepala Dinas PUPR Bombana berjanji bakal menganggarkan perbaikan jalan sebagaimana tuntutan warga.


Pantauan Telisik.id, jalan yang biasanya berlubang dan berlumpur saat ini tengah dalam proses penimbunan dan pengerjaan jembatan mini.

Baca Juga: Permudah Akses, Nakertrans Buka Jalan Lingkar di Kawasan Trans Mutiara

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Bombana, Syamsuar saat ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, peningkatan jalan Lantawonua saat ini diaspal sepanjang 975 meter dengan anggaran Rp 2.330.150.000.

"Tahun ini diaspal sepanjang 975 meter, tahun depan juga ada tambahan," tuturnya.

Tahun 2022, peningkatan jalan Lantowonua mendapat porsi anggaran untuk pengaspalan sepanjang 500 meter.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Lantowonua, Kurniawati Hasmin saat ditemui di ruang kerjanya mengapresiasi perbaikan jalan di wilayahnya, karena itu membuktikan bahwa telah tampak pemerataan pembangunan infrastrultur di Kabupaten Bombana.

Menurutnya, selain karena unjuk rasa warganya, perbaikan jalan ini juga merupakan hasil pendampingan secara intens oleh semua pihak.

Baca Juga: Jalur Transportasi Terputus Akibat Tanah Longsor

"Selain karena unjuk rasa, kami juga selaku Pemerintah Desa Lantowonua secara terus menerus melakukan pendampingan dan komunikasi ke atas (Pemkab). Alhamdhulillah aspirasi kami ditanggapi," pungkasnya.

Dalam tahapan pengerjaan jalan tersebut, petugas teknis kerap mendapat hambatan di lapangan, seperti urusan lahan, namun dapat dituntaskan dengan koordinasi dan pendekatan yang humanis.

Terpisah, Sumardin, salah satu anggota BPD Desa Lantowonua pun turut bersyukur. Katanya, Desa Lantowonua adalah satu-satunya desa yang ada di Ibu Kota kabupaten Bombana. Namun infrastruktur berupa jalan selalu menjadi keluhan selama ini.

"Terima kasih kepada Pemkab Bombana sudah aspal jalan di sini. Melalui kesempatan ini, saya mengharapkan kepada pemerintah agar memperhatikan infrastruktur berupa jalan raya yang masih banyak butuh perhatian. Maka jangan tunggu masyarakat demo baru bergerak. Karena daerah akan maju kalau jalur transportasinya lancar," tegasnya. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga