Penumpang Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Tondasi Muna Barat Membludak

Amsir, telisik indonesia
Jumat, 06 Mei 2022
0 dilihat
Penumpang Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Tondasi Muna Barat Membludak
Penumpang pelabuhan feri Tondasi-Kasipute nampak membludak pada H+5 lebaran. Foto Amsir/telisik

" Arus balik H+5 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, penumpang dan kendaraan di pelabuhan feri Tondasi Kabupaten Muna Barat (Mubar) ke pelabuhan Kasipute Bombana, semakin meningkat atau membludak "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Arus balik H+5 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, penumpang dan kendaraan di pelabuhan feri Tondasi Kabupaten Muna Barat (Mubar) ke pelabuhan Kasipute Bombana, semakin meningkat atau membludak, Jumat (6/5/2022).

Semua kariawan dan managemen PT Dharma Dwipa Utama, turut mengawal penumpang untuk masuk di kapal feri serta memeriksa tiket masuk.

Salah satu penumpang, Hasrawil  mengatakan, dia membawa mobilnya sejak pukul 07.00 Wita untuk mendapatkan tiket antrian.

"Baru kali ini penyeberangan Tondasi-Kasipute penumpangnya membludak," tutur Hasrawil.

Penumpang lainnya, Wahid mengaku, baru kali ini dia mengantri berjam-jam agar dapat masuk ke dalam kapal.

"Bahkan ada sebagian tidak dapat masuk untuk ret pertama," katanya.

Sementara itu, Manager PT Dharma Dwipa Utama, Taufik Jaya mengatakan, melihat kondisi arus balik tersebut, KMP Dharma Kencana I yang biasanya mengambil trip satu kali dalam sehari, terpaksa menambah trip menjadi dua kali dalam sehari.

“Untuk menambah trip harus melihat situasi atau kondisi di lapangan. Jika memungkinkan, kita akan menambah dari satu trip menjadi dua trip atau lebih,” kata Taufik Jaya.

Dia menambahkan, untuk jumlah muatan kendaraan roda dua dan empat tergantung dimensinya. Mobil besar dan kecil seperti Avanza bisa mencapai 40 unit. Sedangkan roda dua bisa sampai 50 unit sekali muat.

Baca Juga: Rumah Warga di Pesisir Pantai Roboh, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

“Yang pasti untuk hari ini kita maksimalkan dua trip dulu. Karena besoknya, KMP Dharma Kencana I akan menuju ke pelabuhan feri Tanjung Pising Kabaena untuk mengisi bahan bakar,” jelasnya.

Pantauan Telisik.id, jumlah penumpang di pelabuhan feri Tondasi Mubar ini meningkat dari hari sebelumnya. Terlihat kendaraan roda empat dan beberapa truk ada sekitar 100 unit lebih. Sedangkan, kendaraan roda dua juga sekitar kurang lebih 100 unit.

Baca Juga: Tilang Sampai Subuh, Polantas di Kupang Tahan 35 Kendaraan

Sementara, jadwal penyeberangan KMP Dharma Kencana I ini dari pelabuhan feri Tondasi-Kasipute dua kali dalam seminggu yakni Selasa dan Jumat, pukul 14.00 Wita. Sedangkan dari, Kasipute-Tondasi dua kali dalam seminggu yakni Senin dan Jumat, pukul 10.00 Wita. (A)

Reporter: Amsir

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga