Penumpang Kapal di Kendari Didominasi Arus Kedatangan Dibanding Mudik saat Nataru

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
Penumpang Kapal di Kendari Didominasi Arus Kedatangan Dibanding Mudik saat Nataru
Aktivitas di Pelabuhan Nusantara, Kota Kendari, terlihat sepi meski baru beberapa hari pasca perayaan tahun baru. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Di perayaan nataru, lebih banyak penumpang yang datang dibanding penumpang yang berangkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kenaikan penumpang kapal di perayaan natal dan tahun baru 2023 ternyata tidak terlalu signifikan di Kota Kendari. Kenaikan tersebut justru didominasi penumpang kedatangan dari luar Kendari dibanding dari Kendari ke luar daerah.

Dari pantauan Telisik.id, aktivitas Pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kendari, Kota Kendari, terpantau sepi. Terlihat tidak sampai puluhan orang yang sedang menunggu kapal.

Staf Operasional PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Asri mengatakan, di perayaan nataru justru lebih banyak penumpang yang datang dibanding penumpang yang berangkat. Mereka turun dari Raha dan Baubau, tapi lebih didominasi oleh penumpang dari Raha.

Meski ada kenaikan penumpang keberangkatan, namun jumlahnya sangat sedikit, hanya sekitar lima persen dibanding kenaikan penumpang saat hari raya lebaran.

Terakhir di tanggal 1 Januari masih ada sekitar 400 orang penumpang yang datang dari Raha, bahkan di hari sebelumnya bisa 500 orang penumpang yang turun. Ia memperkirakan arus balik penumpang yang turun tersebut akan dimulai pada hari ini, Senin (2/1/2023).

Baca Juga: Pengunjung Pantai Toronipa Membludak Meski Sempat Diduga Marak Pungli

"Tahun baru banyak yang masuk, kadang malam yang turun sampai 500-an," katanya.

Adapun jumlah penumpang keberangkatan saat nataru tahun ini sekitar 300 orang per harinya, naik dibanding hari biasanya yang hanya 200 orang. Dengan kenaikan yang tidak begitu signifikan, ia mengatakan, tidak ada penambahan kapal dari pihak Pelindo.

Senada, seorang penjaga loket di Pelabuhan Nusantara, Sri mengatakan, jumlah penumpang kapal di nataru masih sama saja seperti hari biasanya. Ia menambahkan, per harinya ada dua kapal yang berangkat untuk tujuan Raha dan Baubau dengan kapasitas 400 orang per kapal.

Dua kapal tersebut beroperasi pada pagi dan siang hari. Ia mengatakan, jumlah keberangkatan penumpang lebih banyak pada kapal tujuan Raha yang berangkat pada pagi hari, bisa sampai kapasitas maksimal 400 orang.

Sementara pada keberangkatan siang hari, jumlah penumpang hanya sekitar 160 orang saja.

Baca Juga: Rawan Konflik, Warga Sekitar Kampus UHO Pilih Tak Keluar Rumah

Harga tiket kapal Kendari-Raha untuk kelas eksekutif adalah Rp 160.000 bagi penumpang dewasa dan Rp 115.000 untuk penumpang anak-anak. Sementara di kelas VIP harganya sebesar Rp 255.000 untuk dewasa dan Rp 172.000 untuk anak-anak.

Adapun harga tiket Kendari-Baubau untuk kelas eksekutif adalah Rp 235.000 per orang penumpang dewasa dan Rp 165.000 per orang penumpang anak-anak. Sementara di kelas VIP harganya sebesar Rp 315.000 untuk penumpang dewasa dan Rp 200.000 untuk penumpang anak-anak.

Seorang penumpang kapal, Hasna hendak pulang ke kampung halamannya di Raha untuk menghabiskan libur tahun baru. Ia biasa pulang kampung menggunakan kapal dengan jarak tempuh tiga jam. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga