Penumpang KM Lambelu Asal Muna Dikarantina

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 06 April 2020
0 dilihat
Penumpang KM Lambelu Asal Muna Dikarantina
Penumpang kapal KM Lambelu saat pemeriksaan kesehatan di Puskesmas. Foto: Istimewa

" Mereka akan dikarantina selama 14 hari dibawa pengawasan petugas medis. "

MUNA, TELISIK.ID - Puluhan warga Kabupaten Muna yang menumpangi KM Lambelu telah tiba. Kendati saat pemeriksaan di pelabuhan Murhum, Kota Baubau, dinyatakan bebas dari virus COVID-19 (C-19), namun saat tiba di Muna, mereka tidak langsung dibolehkan pulang kerumah masing-masing.

Mereka lebih dulu diamankan di puskesmas untuk pengecekan kesehatan. Setelah itu, mereka dijemur dibawa terik matahari selama kurang lebih 20 menit.

Baca juga: Diawasi Ketat, 768 Penumpang KM Lambelu Tiba di Baubau

"Mereka saat ini sementara dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan di puskesmas," kata Bupati Muna, LM Rusman Emba.  

Warga yang baru tiba itu tersebar dibeberapa kecamatan. Antara lain, Marobo, Watoputeh dan Tongkuno. Nah, setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, mereka akan mendapat perlakuan khusus dan masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal tersebut dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus C-19.

Baca juga: Telisik.id Berganti Logo Demi Profesionalisme

"Mereka akan dikarantina selama 14 hari dibawa pengawasan petugas medis," ujarnya.

Selain warga yang baru tiba itu, mantan senator DPD-RI itu juga memerintahkan  camat, kades dan lurah utnuk memantau semua aktivitas warganya. Utamanya, warga yang sering keluar masuk. Bila ada warga yang baru tiba, segera lakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kita ini harus mulai mencegah, karena virus ini sangat berbahaya," tukasnya.

 

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga