Penumpang Mudik Membludak, Kapal Feri Torobulu-Tampo akan Operasi 24 Jam

Nur Fauzia, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Penumpang Mudik Membludak, Kapal Feri Torobulu-Tampo akan Operasi 24 Jam
Kasi Operasi Pelabuhan Torobulu, La Bantete (kiri). Suasana penumpang mudik lebaran di dalam kapal feri (kanan). Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, penumpang kapal feri rute Torobulu-Tampo membludak, sehingga kapal akan dioperasikan selama 24 jam "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, penumpang kapal feri rute Torobulu (Konawe Selatan)-Tampo (Muna) membludak, sehingga kapal akan dioperasikan selama 24 jam.

Kasi Operasi Pelabuhan Torobulu, La Bantete kepada Telisik.id, Minggu (16/6/2024) menyampaikan, untuk mudik lebaran Idul Adha tahun ini kapal yang disiapkan sebanyak 3 unit, namun karena ada kendala kapal di Pelabuhan Amolengo-Labuan, sehingga 1 kapal dialihkan ke pelabuhan tersebut.

Kata dia, karena cuma dua kapal feri yang beroperasi di Pelabuhan Torobulu-Tampo, pelayanan kapal tetap jalan 24 jam tanpa istirahat, sehingga dipastikan tidak ada kendaraan yang bermalam. Untuk waktu operasi akan disesuaikan dengan arus mudik lebaran.

La Bantete mengungkapkan, untuk mengatasi kelebihan kapasitas muatan di kapal feri, pihak pelabuhan membatasi jumlah kendaraan dan penumpang kapal. Hal ini juga dilakukan agar kapal tidak terbebani sehingga kapal berlayar dengan cepat.

Baca Juga: Idul Adha Tahun Ini Berbeda, Penumpang Kapal Malam Rute Kendari-Raha Membludak

Jumlah kapasitas muatan kapal KMP Tunu sebanyak 30 untuk roda empat berukuran kecil, 5 untuk roda empat berukuran besar, dan 150 untuk roda dua. Sedangkan KMP Cendrawasih memuat sebanyak 8 roda empat ukuran kecil, 3 roda empat ukuran besar, dan 100 roda dua.

Harga tiket kapal feri rute Torobulu-Tampo masih sama seperti hari biasanya, tambah La Bantete. Pajak Perda untuk motor per 2 orang harga Rp 12.500 sedangkan 1 orang Rp 9.500 dan harga tiket roda dua dengan 1 penumpang harga Rp 125.000 dan untuk 2 penumpang harga Rp 128.000, untuk kendaraan roda empat ukuran kecil harga Rp 620.000.

Baca Juga: Pedagang Kue di Pasar La Elangi Baubau Sepi Pembeli Jelang Idul Adha

Sementara itu Asmawati salah satu penumpang kapal mengatakan, saat mudik lebaran sudah menjadi hal biasa banyak penumpang di kapal feri. Bukan hanya kapal, bahkan bus Damri, jika ingin mendapatkan tiket, harus dibeli 4 atau 5 hari sebelum jadwal pulang.

Afrizal, salah satu penumpang feri yang menggunakan kendaraan roda dua menambahkan, jika ingin cepat sampai ke tempat tujuan tanpa menunggu lama di pelabuhan saat mudik lebaran, harus star lebih pagi atau memulai perjalanan saat tengah malam karena penumpang tidak akan banyak pada waktu tersebut.

"Sebenarnya saya tidak takut ketinggalan kapal karena biasanya kalau momen begini kapal ada terus. Tapi kapal tidak akan lama berlabuh di pelabuhan karena cepat sekali full jadi kita harus cepat kalau mau cepat juga sampai di kampung," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga