Penumpang Pelni di Baubau Sulit Cari Tempat PCR, Mau Berangkat Harus ke Kendari Dulu

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 10 September 2021
0 dilihat
Penumpang Pelni di Baubau Sulit Cari Tempat PCR, Mau Berangkat Harus ke Kendari Dulu
Penumpang PT Pelni saat naik diatas kapal. Foto: Repro JawaPos

" Menurut Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Kota Baubau, Juni Samsuddin Sitorus, tidak ada tempat pemeriksaan PCR untuk pelaku perjalanan di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Penumpang kapal PT Pelni di Kota Baubau kesulitan mencari tempat pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), untuk melengkapi persyaratan perjalanan yang diwajibkan.

Pasalnya, menurut Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Kota Baubau, Juni Samsuddin Sitorus, tidak ada tempat pemeriksaan PCR untuk pelaku perjalanan di Kota Baubau.

"Memang yang jadi masalah sekarang adalah, tidak ada tempat pemeriksaan PCR di Baubau untuk pelaku perjalanan, kalaupun ada itu untuk pasien," kata Juni Samsuddin Sitorus, Jumat (10/9/2021)

Sehingga, para penumpang perjalanan yang akan berpergian melalui jalur laut terpaksa harus melakukan pemeriksaan PCR di Kota Kendari dan Makassar.

Sebab, kalau tidak begitu masyarakat tidak bisa membeli tiket tanpa dokumen PCR.

"Yah, informasi ada yang ke Kendari, ada yang ke Makassar," terangnya.

Ia menerangkan, beberapa pelabuhan, seperti Jayapura (Papua), Kaimana dan Fakfak (Papua Barat), serta Dobo dan Tual (Maluku) masih menjadikan PCR sebagai persyaratan masuk ke wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: DPRD Didesak Laporkan Sekda Butur ke Mendagri dan KASN, Ini Alasannya

Baca Juga: Pembangunan Talud di Wakatobi Tetap Berjalan Meski Diprotes

Atas kondisi itu, ia pun terpaksa tidak melakukan penjualan tiket untuk beberapa pelabuhan tujuan karena penumpang sulit memenuhi persyaratan tersebut.

"Jadi penumpang batal berangkat. Tapi kalau daerah yang hanya mempersyaratkan rapid tes antigen, itu bisa berangkat tanpa PCR," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Baubau, Rahmat Tuta mengatakan, memang di Kota Baubau belum ada tempat pemeriksaan PCR untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan.

"Tidak ada untuk pelaku perjalanan, kalau untuk pasien ada di RSUD Palagimata," ungkapnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga