Penunjukan Pj di Sultra Untungkan PDIP, NasDem Bisa Buntung

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 09 Januari 2022
0 dilihat
Penunjukan Pj di Sultra Untungkan PDIP, NasDem Bisa Buntung
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Foto: Repro Kompas.com

" Sebanyak 7 Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dipimpin pejabat (Pj) bupati dan wali Kota, tahun 2022 ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 7 Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dipimpin pejabat (Pj) bupati dan wali Kota, tahun 2022 ini.

Pj tersebut nantinya akan akan diusulkan oleh Gubernur Ali Mazi kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, M Najib Husain menilai secara politik penunjukan Pj akan menguntungkan NasDem, partai yang dinaungi Ali Mazi.

Sebab Gubernur bisa menempatkan orang-orang yang dapat mempercepat proses strategi partai dalam memenangkan pemilu 2024.

Namun keuntungan tersebut dinilai hanya bersifat jangka pendek, sebab masa jabatan Ali Mazi akan berakhir 2023 atau 1 tahun sebelum Pemilu 2024 dihelat.

Baca Juga: Tahun Ini 94 Kabupaten Kota Dipimpin Pj, 7 dari Sulawesi Tenggara

Menurut Doktor alumni UGM itu, ketika Ali Mazi diganti kemungkinan besar konstalasi politik langsung berubah. Yang diuntungkan akan mengalami perubahan dari Partai NasDem ke partai penguasa nasional yakni PDIP.

"Karena mereka akan menguasai panggung setelah Ali Mazi digantikan," kata M Najib Husain Minggu (9/1/2022).

Namun lanjut Najib, jika Ali Mazi yang juga Ketua DPW NasDem Sultra pandai memposisikan diri untuk mulai membangun koalisi dengan partai lain yang dirancang untuk menghadapi 2024, sehingga pergeseran apapun yang terjadi di 2023 tidak mempengaruhi elektabilitas Partai NasDem.

Tetapi jika Ali Mazi salah memilih dan lebih memprioritaskan Partai NasDem tanpa berfikir untuk berkoalisi maka itu akan menyebabkan sebuah kekeliruan dalam menempatkan orang-orang (Pj) yang dibutuhkan dalam waktu sesaat saja.

Baca Juga: Gegara Belum Ada Perda, Pengembangan Pariwisata di Muna Tidak Terarah

Berikut 7 daerah di Sultra yang akan dipimpin Pj bupati dan wali kota

1. Kendari

2. Buton

3. Buton Tengah

4. Buton Selatan

5. Muna Barat

6. Bombana

7. Kolaka Utara (C)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga