Logo Telisik.id

Penyakit Ispa, Telan Satu Korban di Kendari

86 dibaca Penyakit Ispa, Telan Satu Korban di Kendari

Kepala Bagian Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kota Kendari, Syamsul Bahri. Foto:Istimewa

" Masyarakat, terutama orang tua harus selalu memperhatikan anaknya, karena balitalah yang rentan terkena penyakit itu."

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang anak berusia 3 tahun asal Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga Kota Kendari, meninggaI dunia setelah mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Kemarin (Senin, 4 November 2019) ada yang meninggal 1 orang balita yang sudah flemoni (sesak nafas) berat akibat terlambat di bawa ke rumah sakit," ungkap Kepala Bagian Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kota Kendari, Samsul Bahri, Selasa (5/11/2019).

Penyakit ini sangat berbahaya karena virusnya sangat cepat menyebar terutama kepada balita yang kekebalan tubuhnya masih lemah.

"Masyarakat, terutama orang tua harus selalu memperhatikan anaknya, karena balitalah yang rentan terkena penyakit itu," ujarnya.

Akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi di Kota Kendari, Ispa menjadi salah satu penyakit dominan di masyarakat. Gejala penyakit ini diantaranya demam, batuk, sakit kepala, dan sakit saat menelan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati pada penyakit  ISPA.

Samsul Bahri berharap masyarakat Kota Kendari banyak menkonsumsi vitamin, air hangat, dan memakai masker saat keluar rumah untuk mencegah penyakit ini.

Reporter: M1
Editor: Ibnu

Post Tags: Dinkes Kota Kendari

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video