Penyanyi Wanita Ini Jadi Mualaf, Saat Baca Ayat Kursi Bikin Terpukau

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
Penyanyi Wanita Ini Jadi Mualaf, Saat Baca Ayat Kursi Bikin Terpukau
Jennifer Grout jadi mualaf, saat baca Ayat Kursi bikin orang terpukau. Foto: Repro Instagram

" Meskipun lahir dan dibesarkan di kota Boston dan tidak memiliki keturunan Arab, dia mampu melantunkan ayat Al-Qur'an layaknya orang yang sudah lama bisa membaca kitab suci umat Islam tersebut "

BOSTON, TELISIK.ID - Penyanyi Amerika Jennifer Grout viral setelah videonya membaca Al-Qur’an Ayat Kursi, sukses memukau netizen. Kenalan yuk dengan Jennifer yang juga sempat mencuri atensi di acara Arab Got Talent.

Melansir detik.com, Jennifer Grout bukanlah musisi Amerika pada umumnya. Meskipun lahir dan dibesarkan di kota Boston dan tidak memiliki keturunan Arab, dia mampu melantunkan ayat Al-Qur'an layaknya orang yang sudah lama bisa membaca kitab suci umat Islam tersebut.

Jennifer mengunggah video dirinya membaca Ayat Kursi ini di Facebook dan Instagramnya, Videonya itu diserbu komentar netizen yang sebagian besar terpukau dengan lantunan suaranya saat membacakan Ayat Kursi.

Dalam keterangan yang ditulisnya di Instagram, Jennifer mengungkapkan perkenalannya dengan Al-Qur'an. Dia mengetahui Al-Qur'an dari guru musiknya saat dia akan menjadi peserta Arab Got Talent. Ya, Jennifer menarik atensi pertama kali saat mengikuti ajang pencarian bakat Arab Got Talent dan berhasil mencapai final pada 2013.

"Ketika saya pertama kali tertarik pada musik Arab, guru saya menyuruh saya untuk mulai mendengarkan Al-Qur'an sebagai latihan untuk mulai mendapatkan keselarasan dengan semua nuansa Arab saat bernyanyi, keduanya memiliki banyak kesamaan seperti kualitas melodi, ornamen, teknik vokal, maqam, dan bahasa tentu saja."

"Banyak penyanyi arab besar berakar pada pembacaan Quran! Hari ini, dalam semangat saya berbagi bacaan Ayat Kursi sesuai dengan gaya guru besar Mohammed Siddiq Al Menshawi. Pembacaan Al-Qur'an adalah seni tersendiri, dan dapat dihargai oleh siapa saja dan semua orang, Muslim dan non Muslim sama," tulisnya.

Membacakan ayat Al-Qur’an dengan penampilan tidak berhijab, Jennifer pun sempat mendapat nasihat dari sejumlah netizen. Dan dia menanggapi nasihat netizen itu melalui postingan berbeda dengan menampilkan foto dirinya memakai hijab.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa, Amalan Khusus untuk Allah Taala

Jennifer juga menjelaskan alasannya tidak mengenakan jilbab saat membacakan ayat Al-Qur’an. Kata wanita yang sudah menjadi mualaf sejak lama itu, dia sengaja melakukan hal itu karena ingin menunjukkan pada semua orang bahwa Al-Qur’an merupakan sesuatu yang bisa dinikmati siapapun yang memang mau mendengarkannya atau mengeksplorasinya.

"Tujuan utama dari halaman saya ini adalah untuk berbagi cinta musik/seni/budaya yang menyatukan orang dari semua lapisan masyarakat," tulisnya.

Dikutip dari Stepfeed.com, Jennifer Grout menarik perhatian publik setelah ia berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat Arab Got Talent pada 2013. Pada saat itu dia sebenarnya tidak terlalu memahami bahasa Arab.

Tapi dia bisa melakukan penafsiran mendekati sempurna dari bahasa Arab klasik dan menjadi finalis non-Arab pertama dalam sejarah Arab Got Talent. Jennifer lewat keterampilannya dalam bernyanyi dalam bahasa Arab begitu meyakinkan pemirsa. Bahkan sampai ada rumor bahwa dia berpura-pura menjadi orang Amerika.

"Anda tidak berbicara kata bahasa Arab, namun Anda bernyanyi lebih baik daripada penyanyi lain," demikian kata penyanyi Lebanon Najwa Karam, salah satu juri Arab Got Talent.

Baca Juga: Viral: Ratusan Muslim Salat Tarawih di Times Square New York, Pertama dalam Sejarah

Lahir dari keluarga musisi, Jennifer Grout pertama kali menemukan ketertarikan dalam musik Arab pada 2010 saat menghadiri sebuah acara di Universitas Kanada. Saat itu dia pertama kalinya menyaksikan penampilan legenda musikal Lebanon, Fairuz. Sosok Fairuz lah yang memicunya belajar menyanyikan lagu berbahasa Arab.

Lalu Jennifer Grout mulai tampil di kafe Suriah di sekitar Montreal dan kemudian pindah ke Maroko setelah lulus kuliah. Sejak itu ia berpindah keyakinan dan memeluk agama Islam. Dia juga dinikahi seorang pria Maroko.

Sejak berkompetisi di Arab Got Talent, Jennifer Grout pun kebanjiran tawaran. Dia kerap tampil di beberapa festival di berbagai belahan dunia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga